Sentra Kerajinan Batik Sri Susanti Di Purworejo

0 132

Sentra Kerajinan Batik Sri Susanti Di Purworejo

Batik merupakan ciri khas budaya suatu daerah yang diwariskan secara turun-temurun, walaupun pada era modern ini telah berkembang banyak pengetahuan mengenai ilmu pertekstilan. Namun keberadaan Batik Tulis di Kabupaten purworejo masih dapat dijumpai dengan ciri, motif dan corak yang khas dari beberapa kecamatan antara lain : Kecamatan bagelen, Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Grabag.

Penduduk sekitar selain bertani mempunyai pekerjaan sampingan membatik, banyak motif-motif batik pada waktu itu dikenal oleh daerah lain. Seiring degan perkembangan jaman, batik Banyuurip hampir punah. Sebagai generasi penerus saya berusaha NGURI-NGURI BUDAYA LUHUR BANGSA INDONESIA, khususnya batik Grabag agar dapat berpartisipasi dalam mengembangkan nilai-nilai budaya Bangsa.

Sri Susanti merupakan salah satu pengrajin Batik yang berasal dari Desa Duduwetan Kecamatan Grabag. Beliau merupakan ketua sentra batik Desa Duduwetan yang merupakan salah satu desa kerajinan di Kabupaten Purworejo. Usaha yang telah digelutinya dari tahun 2004 ini telah menjadikan suatu mata pencaharian tersendiri dari beliau dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-harinya. dengan dibantu oleh satu orang pekerja dalam satu bulan beliau dapat menyelesaikan 6 lembar Kain selendang yang dapat digunakan sebagai bahan pakaian ataupun selendang.

Kain yang digunakan antara lain adalah kain primisima, kereta kencana dan sutera tergantung dari permintaan atau pemesanan konsumen. Hasil batikan dari beliau merupakan hasil batikan yang halus dan rapi. kombinasi warna yang dihasilkan sangat kombinatif dan hasil pembatikan tidak kalah dengan hasil dari batik printing yang hasilnya dapat diproduksi dengan cepat namun kualitas yang diperoleh sangat jauh dan belum mampu bersaing dengan batik tulis.

Source https://infobatik.id/sentra-batik-sri-susanti/ https://infobatik.id/sentra-batik-sri-susanti/
Comments
Loading...