Sentra Kerajinan Batik Tulis Di Grobogan

0 206

Kerajinan Batik Tulis

Pusat pembuatan batik di kabupaten Grobogan dapat dijumpai berada di wilayah Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Salah satu tempat pembuatan batik tulis Arumsari ini merupakan industri batik tulis yang bermula pada sekitar tahun 2012. Seni membuat baju batik tulis merupakan salah satu program yang mereka kenal kan kepada masyarakat daerah tersebut. Ternyata seni membuat batik ini membuat para warga dan penduduk desa tersebut bersemangat dan banyak dari mereka yang kemudian mengembangkan seni batik ini hingga wilayah ini menjadi salah satu pusat pembuatan batik tulis di wilayah Grobogan.

Salah satu ciri khas dari batik Tulis Arumsari adalah motif batik Cabe Kawung. Batik Arumsari ini membuat batik dengan menggunakan bahan kain yang ukuran nya dua meter. Bahan kain yang dipakai, terdapat dua jenis dengan kualitas yang berbeda. Kain yang pertama adalah kain primis yang untuk harga kain batik nya dapat mencapai sekitar Rp. 120.000.

Sementara itu kain yang lain adalah kain prima yang setelah menjadi kain batik akan dijual dengan harga Rp. 100.000. Pemasaran dari batik tulis Arumsari ini selain berada di daerah sekitar Grobogan, telah juga mencapai wilayah Jakarta, Sumatera, dan juga Bali. Pusat batik di daerah Grobogan ini mengalami perkembangan yang cukup baik hingga muncul berbagai tempat pembuatan batik tulis di daerah ini. Seni batik tulis telah berhasil menjadi seni yang menguntungkan bagi mereka selain juga untuk melestarikan seni batik tulis ini sehingga terus dikenal oleh masyarakat luas.

Source Sentra Kerajinan Batik Tulis Di Grobogan Sentra Kerajinan Batik Tulis Di Grobogan
Comments
Loading...