Sentra Kerajinan Batik Tulis Di Kulon Progo

0 188

Kerajinan Batik Tulis

Salah satu perajin batik tulis Rujiyem atau sering juga dipanggil Rojiyem, sangat optimis terhadap produksi batik tulisnya, bukan tanpa alasan, Rujiyem nyakin omsetnya akan terus merambat naik, sejak adanya pengakuan 4 tahun lalu dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO).

Bersama suaminya Rujiyem fokus dan bahu membahu mengelola usaha kerajinan batik tulis dan kombinasi cap, namun sebagaimana kendala utama UMKM pada umumnya, pada awal usahanya, masih terbatasnya akses pasar. Rujiyem belum mampu menjual produknya secara langsung kepada konsumen batik.

Semakin lama usaha batik tulis rujimem semakin meningkat, tentu karena seiring naiknya trend orderan batik tulis ataupun batik cap ke workshopnya di Mendiro RT 47 RW 22 Gulurejo Lendah Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Apalagi, sedikit demi sedikit, permasalahan di bidang produksi pun juga mulai teratasi, sebelumnya memiliki hambatan pada terbatasnya tenaga pembatik serta kesulitan membuang limbah batik. Dan pasti kreativitas Rujiyem pun semakin bertambah, sudah berani membuat motif batik atau desain batik yang berbeda.

Source Sentra Kerajinan Batik tulis Di Kulon Progo Sentra Kerajinan Batik tulis Di Kulon Progo
Comments
Loading...