Sentra Kerajinan Batik Tulis Khas Demak

0 197

Belajar dari usaha dagang batik yang dirintis ibunya, perajin batik Sri Setyani yang ditemui di Kelurahan Mangunjiwan, Demak Kota, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pertengahan Januari 2013, berharap memindahkan kekayaan alam dan sejarah Demak atau dikenal motif Demakan ke dalam karya setiap kain batiknya. Dengan demikian, tidak hanya penggemar batik, tetapi juga orang lain semakin tahu soal Demak.

Motif Sekar Jagad Demak Bintoro, yaitu motif yang memadukan pola jambu, belimbing berpadu garis pantai telah menjadi seragam khas para pegawai di Pemerintah Kabupaten Demak. November 2012, pemda juga telah memesan 53 potong kain motif sama untuk keperluan kegiatan di pendopo Demak.

Prospek kerajinan batik, menurut Sri Setyani, sangat bagus. Perajin batik saat ini baru ada delapan di Demak. Pemasaran batiknya sudah merambah Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Namun, diakuinya, pihaknya sudah kewalahan melayani permintaan pasar lokal saja.

Pasar lokal terbangun dari promosi batik motif Demakan melalui pameran, bazar tiap minggu di alun-alun, juga promosi lewat baju batik yang dipakai para pegawai negeri di Pemkab Demak. Itu semua disambut antusias masyarakat. Hasilnya, sejumlah sekolah juga menjadikan baju batik bagian seragam guru dan siswa sehari dalam sepekan.

Kini usaha kerajinan batiknya dibantu 12 tenaga pembatik, dua orang di antaranya laki-laki. Juga ada peracik desain pola batik. Pembatiknya berasal dari kaum perempuan di Mangunjiwan, Dempet, Bonang, serta Kauman yang merupakan sentra pertanian.

Source Sentra Kerajinan Batik Tulis Khas Demak Sentra Kerajinan Batik Tulis Khas Demak
Comments
Loading...