Sentra Kerajinan Batu Akik Di Lahat

0 270

Sentra Kerajinan Batu Akik Di Lahat

Maraknya perkembangan  batu akik di tengah masyarakat, membuat Pemkab Lahat membidik menjadi sentra produksi batu akik khas Kabupaten yang berjuluk Bumi Seganti Setungguan ini. Untuk mewujudkan itu, tak tanggung-tanggung Pemkab Lahat membentuk tim gabungan untuk mengakomodir para pengrajin batu hias tersebut.

Tak hanya itu, Pemkab Lahat juga membidik sebagai lokasi sentra produksi batu akik, dengan harapan dapat menjadi lokasi wisata batu akik di Sumsel. Menurutnya, saat ini para pengrajin batu akik tersebar di sejumlah kecamatan seperti Kecamatan kikim Selatan, Tanjung Sakti, Pulau Pinang, dan tidak menutup kemungkinan di kecamatan lain.

“Pemkab Lahat akan mempatenkan dan mempromosikan, agar pengrajin batu akik khas kabupaten Lahat ini dapat dikenal daerah lain, dengan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kecil,” ungkapnya.

Sementara itu, Marzuki, salah satu pengumpul bahan batu akik di Desa Pandan Arang Kecamatan Kikim Selatan, mengaku sudah satu tahun menjadi pengumpul dan penjual bahan batu akik. Ia memutuskan beralih profesi dari buruh tani, lantaran penghasilannya sebagai penjual bahan batu akik lebih menguntungkan.

“Sudah satu tahun ini aku mencari. bahan batu di sekitar desa kami, jika ada yang mau membeli batu, aku jual di rumah,”pungkasnya.

Source https://www.radar-palembang.com https://www.radar-palembang.com/pemkab-lahat-bidik-sentra-batu-akik/
Comments
Loading...