Sentra Kerajinan Batu Akik Di Pacitan

0 253

Kerajinan Batu Akik

Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terutama Desa Sukodono dan Desa Gendaran, sudah dikenal luas hingga mancanegara sebagai salah satu sentra kerajinan batu akik di Indonesia. Bahkan, di desa tersebut ada pasar khusus untuk kerajinan batu akik. Dinamakan Pasar Kliwon karena pasar ini hanya buka khusus pada hari Kliwon dalam penanggalan Jawa.

Diungkapkan oleh Paiman, perajin batu akik. Warga Desa Gendaran, ini ialah seorang dari beberapa orang perajin batu akik yang masih setia dengan profesinya. Ketika ditemui Peduli di rumahnya, lelaki yang lebih dikenal sebagai Pak Timbul ini bersama beberapa orang karyawannya tengah mengolah batu gunung menjadi produk kerajinan batu akik. Saking terkenalnya Pak Timbul, nama usaha kerajinan batu akiknya pun diberi nama Kerajinan Batu Akik Timbul.

Menurut Pak Timbul, pasar batu akik saat ini malah tidak hanya lesu, tetapi sudah mbrosot jauh. Penyebab terpuruknya pasar batu akik tersebut, menurut lelaki yang namanya populer gara-gara batu akik ini, adalah daya beli masyarakat yang anjlok. ’’Karena daya beli anjlok, sampai sekarang pasar mbrosot jauh. Pelanggan dari kota lain, bahkan dari luar negeri, dulu banyak. Tapi sekarang tidak ada,’’ ungkap Pak Timbul tak bergairah.

Meskipun pasar batu akik saat ini memilukan, tidak seperti beberapa penggelut batu akik lain yang meninggalkan batu akik, Pak Timbul tetap bertahan di bisnis batu akik. Pak Timbul tetap menghasilkan produk-produk kerajinan batu akik. Keduanya berharap batu akik bisa seperti pada masa jayanya.

Source Sentra Kerajinan Batu Akik Di Pacitan Sentra Kerajinan Batu Akik Di Pacitan
Comments
Loading...