Sentra Kerajinan Batu Akik Kediri

0 276

Kerajinan Batu Akik

Sentra Batu Akik Kota Kediri, berada di pasar Pahing. Jl. HOS Tjokroaminoto. Kerajinan Batu Akik berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga Pemkot Kediri mendukung kegiatan itu, dan siap membantu pola pemasaran maupun promosi batu akik agar dikenal sampai keluar daerah.

Mas Abu selaku pengrajin Batu Akik, mengatakan bahwa semakin berkembang dan menjadikan pasar Pahing kembali ramai. Karena selama ini lantai dua pasar Pahing tidak berfungsi sebagaimana mestinya, padahal pasar pahing letaknya strategis dan memiliki nilai sejarah tinggi bagi Kota Kediri.

Menurutnya, adanya pusat batu akik di pasar pahing akan memudahkan pedagang mencari sandang pangan karena selama ini mereka berjualan di pinggir pinggir jalan yang tak jarang harus menghadapi resiko berupa razia Satpol PP maupun kondisi cuaca.

Sesuai data, ada sekitar 30 perajin dan pedagang diberikan kios di lantai dua pasar pahing. Selama enam bulan ke depan mereka dbebaskan dari beban retribusi dan sewa kios. Para perajin dan pedagang membuka kios secara berkelompok, dengan koleksi aneka batu akik dari seluruh nusantara maupun manca Negara. Sentra batu akik Kota Kediri buka mulai jam 10 siang hingga malam hari

Source Sentra Kerajinan Batu Akik Kediri Sentra Kerajinan Batu Akik Kediri
Comments
Loading...