Sentra Kerajinan Batu Bata Di Lahat

0 323

Sentra Kerajinan Batu Bata Di Lahat

Salah satu daerah penghasil Batu Bata di Kabupaten Lahat tepatnya di Kelurahan Sari Bunga Mas, Kecamatan Kota Lahat beberapa tahun terakhir mampu tembus pasar beberapa Kabupaten Kota Di Sumatra Selatan (Sumsel). Setiap harinya hilir mudik kendaraan pengangkut batu bata dari luar Lahat sering kali dijumpai membawa batu bata asli Lahat.

“Banyaknya pesanan membuat kami cukup kewalahan melayani konsumen yang datang. Apa lagi pada saat musim proyek dan banyaknya pengembang perumahaan, baik di Kabupaten Lahat dan luar kota sangat banyak,” ungkap Sri, salah seorang pengusaha cetak batu bata, saat ditemui di lokasi lahan cetak Batu Bata miliknya.

Banyaknya peminat batu bata di Kelurahan Sari Bunga Mas tidak lepas dari kualitas batu bata yang mereka jual. Puluhan warga Kelurahan Sari Bunga Mas menekuni jadi pengusaha cetak batu bata juga berpengaruh besar. Setiap pembeli yang datang bisa memilih tempat pembelian dengan negosiasi sehat tanpa merugikan pengusaha batu bata lainya.

“Kalau harga tidak cocok, konsumen bebas pindah kepada pengusaha lainnya. Malah kita arahkan meski ia batal membeli batu bata milik kita. Apa lagi untuk saat ini belum dicetak saja, konsumen kita telah memanjar terlihat dahulu,” jelasnya. Terkait harga, sambungnya, untuk jenis press lebih murah ketimbang manual meski tidak banyak perbedaan. Harga jual sendiri kita lihat kondisi cuaca, jika kemarau lebih murah ketimbang musim penghujan seperti saat ini. Itu salah satu faktor naiknya harga batu bata ditempat kita.

“Musim penghujan semu pengusaha batu bata akan menaikan harga. Pasalnya, proses pembuatannya memakan waktu cukup lama. Seperti saat ini jenis bata press Rp650 sedangkan manual Rp.750 setelah dinaikan ke mobil angkutan,” ungkapnya. Sementara Herman, warga Desa Kota Agung Kecamatan Kota Agung sudah cukup lama menjadi pelanggan tetap pengusaha batu bata di Kelurahan yang warganya di dominasi keturunan Jawa ini. Setiap Minggu ia bisa beberapa kali membeli batu Bata dari sini untuk warga di kecamatannya.

“Saya cuma mengangkut dan mencarikan warga yang sedang membangun rumah. Mayoritas mereka menginginkan bata dari sini, tidak Masalah bagi saya bayar dulu meski barangnya baru di cetak,” ungkasnya.

Source http://www.kordanews.com http://www.kordanews.com/index.php/2018/01/03/pengrajin-batu-bata-bunga-mas-kebanjiran-order/
Comments
Loading...