Sentra Kerajinan Batu Bata Di Seluma

0 164

Sentra Kerajinan Batu Bata Di Seluma

Para pengrajin batu bata ArdiyansyahKabupaten Seluma, tampak antusias menyambut kehadiran Calon Gubernur nomor urut satu, Dr. H. Ridwan Mukti, MH. “Kami mendukung penuh program-program pak RM, memajukan ekonomi kerakyatan. Semoga beliau terpilih sehingga dapat mewujudkan harapan kami” ungkap salah satu pengrajin batu bata.

Langkah ini dilakukan merupakan salah satu bentuk komitmen RM dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan, sebagaimana diungkapkan  manager Media Center RM-SATU Mabroer MS, “kunjungan RM ke pasar, sentra produksi dan beberapa penggerak ekonomi kerakyatan lain adalah bentuk komitmen RM dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan.”

Saat bertemu dan berdialog dengan para pengrajin batu bata, RM mengapresiasi sikap kemandirian, persaudaraan dan kreatifitas masyarakat khususnya kultur industri kerakyatan yang tumbuh secara mandiri. RM tampak tidak kaku berbincang dengan para pengrajin dengan berbahasa Jawa halus.

Sesuai dengan harapan masyarakat, Ridwan Mukti yang akrap disapa RM ini menawarkan beberapa gagasan khusus bagi para pengrajin batu bata yang ditemui saat itu, pertama, RM menawarkan edukasi produksi modern sebagai upaya memajukan ekonomi kerakyatan, kedua, kelembagaan kelompok masyarakat ekonomi kerakyatan khususnya pengrajin batu bata. Menurut Ridwan Mukti, dengan kelembagaan yang terstruktur dan terdaftar, maka pemerintah bisa membantu dan ketiga, RM menawarkan bantuan modal melalui koperasi, bantuan ijin penggunaan bahan, bantuan pelatihan, perkembangan dan program lain seperti kesehatan.

Lebih lanjut, Ridwan Mukti berjanji akan meningkatkan akses permodalan bagi pengusaha kecil, menengah dan koperasi dalam bentuk kemitraan yang saling menguntungkan; peningkatan daya saing produk UMKM melalui pelatihan dan pendampingan, “dan yang tak kalah pentingnya ialah mengembangkan ekonomi kreatif berbasis potensi lokal, serta menggalakkan ekspos produk UMKM di tingkat nasional dan regional,” ungkap Ridwan Mukti

Source http://bengkuluekspress.com http://bengkuluekspress.com/pengrajin-batu-bata-seluma-sambut-rm/
Comments
Loading...