Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo Di Gunungkidul

0 235

Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo Di Gunungkidul

Gunungkidul merupakan sebuah daerah dataran tinggi yang dipenuhi dengan pegunungan kapur. Penduduk  yang memiliki kreativitas tinggi melihat ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Di Gunungkidul memang terdapat banyak sentra kerajinan, seperti Sentra kerajinan batu kapur di Sawahan, Ponjong, Gunung kidul. Akhirnya berkat kreativitas masyarakat Gunungkidul memunculkan produk kerajinan yang terbuat dari batu kapur yang sanga menarik.

Relief dinding yang biasa dipasang di tembok rumah, maupun tembok pagar atau bahkan di gapura dan berbagai dinding ini terbuat dari Batu Putih yang berasal dari daerah Wonosari, Gunung Kidul. Kerajinan ini dapat di temui di daerah Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul.

Ada perbedaan penting antara Batu Putih dari Wonosari, Gunung Kidul, dengan Batu Alam (Batu Candi) dari Gunung Merapi. Batu Putih merupakan batuan sedimen dari batu kapur, sedang Batu Alam Gunung Merapi merupakan batuan beku (Andesit).

Batu Putih lebih rapuh dibandingkan dengan batu Candi. Walaupun dari kerapuhan ini mengandung arti bahwa Batu Putih lebih mudah diukir dan dipahat dibanding batu alam. Itulah kenapa relief dinding dengan ukiran ini lebih murah dibanding misalnya Relief patung kepala budha walaupun ukurannya lebih besar.

Source Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo Di Gunungkidul Sentra Kerajinan Batu Kapur Mojo, Semanu, Gunungkidul
Comments
Loading...