Sentra Kerajinan Batu Onyx dan Marmer Di Tasikmalaya

0 372

Sentra Kerajinan Batu Onyx dan Marmer Di Tasikmalaya

Di Desa Cigunung Kecamatan Parungpoteng Kabupaten Tasikmalaya terdapat sebuah pegunungan yang memiliki sumber daya alam yang ada didalam perut bumi. Di daerah tersebut menjadi sumber eksploitasi batuan maemer dan onyx yang di buat menjadi sebuah karya seni seprti, meja, kersi, tempat permen, kap lampu, kuda, gajah-gajahan dan masih banyak jenis lainnya. Selain itu Desa Cigunung menunjukan adanya proses pewarisan pembelajaran kemampuan batu onyx antara perusahaan PT. Marindo (Taiwan) kepada generasi muda khususnya Karang Taruna di Desa Cigunung,  salah seorang perajin batu Onyx adalah Bapak Isman Ikandar.

Dalam geologi marmer adalah jenis batuan metamorf yang berasal dari batu gamping yang terkena proses metamorphose kontak maupun metamorphose regional. Di masyarakat/pengusaha bahan bangunan/istilah dagang (yang sebenarnya pendapat ini tidak benar) marmer adalah mengkilap, batuanya dapat berupa batu gamping, granit, basalt marmer dan jenis lainya.

Disebut pula sebagai marbel, batu pualam, hasil proses metamorfose kontak atau regional dari jenis batu gamping. Oleh sebab itu jenis dari marmer sangat tergantung dari jenis batuan asal. Warna asli marmer adalah putih, tetapi terdapat warna pengotor yang justru membuat marmer menjadi menarik. Mineral pengotor antara lain grafit member warna hitam-coklat, pyrite member warna coklat-kemerahan. Kadang-kadang didapatkan juga dalam jumlah sedikit mineral lain yaitu dolomite, kuarsa, mika, khlorit, plagioklas, epidote, diopsid, piroksen, tremolit, wolastonite, visuvianite, forsterite, olivine, talk, brucit, serpentin dan periklas.

Endapan onix mempunyai komposisi kimia CaCO3 terdiri dari mineral kalsit yang berlapis dengan ketebalan dan pola yang bervariasi. Umumnya berwarna putih kekuningan dan agak bening sehingga tembus pandang. Oniks terjadi pada rongga atau tekanan batu gamping yang berasal dari larutan kalsium karbonat baik yang terjadi pada temperature panas atau dingin. Bila oniks ini terkena proses metamorfose maka akan terbentuk oniks marmer.

Source http://mesa26tutor.blogspot.co.id http://mesa26tutor.blogspot.co.id/2014/03/pengrajin-batu-marmer-dan-onyx-di-desa.html
Comments
Loading...