Sentra Kerajinan Bendera Di Darmo Rejo, Surabaya

0 287

Sentra Kerajinan Bendera Di Darmo Rejo, Surabaya

Agustus bulan kemerdekaan Republik Indonesia merupakan bulan penuh berkah bagi penjual bendera yang ada dikampung bendera Darmo Rejo Surabaya. Sepanjang jalan kampung bendera darmo kali terlihat puluhan bendera merah putih  dan umbul – umbul penuh warna menghiasi gang – gang jalan masuk ke kampung darmo ini , terlihat beberapa pembeli yang berlalu lalang bermaksud belanja kebutuhan bendera untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Kesibukan para penjahit bendera  di Kampung Bendera, Darmokali, Surabaya, Jawa Timur, terlihat begitu padat dan kejar target mengingat moment kemerdekaan Republik Indonesia hanya dirayakan setahun sekali, mereka berusaha menyelesaikan pesanan dari berbagai institusi pemerintahan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Mereka yang datang membeli bendera di kampung bendera ini biasanya untuk keperluan kantor, sekolah, instansi, atau untuk perayaan di rumah sendiri. Bendera merah putih dengan berbagai ukuran dan bentuk yang dijual dengan harga sekitar Rp10 ribu hingga ratusan ribu tersedia di kampung bendera ini.


Sejarah adanya  Kampung Bendera Darmo Rejo Surabaya  dimulai dari usaha jual bendera Keluarga Solihan sejak tahun 1970-an kala itu menjual bendera hasil jahitan sendiri. Kemudian Solihan beserta keluarga lainnya meneruskan usaha tersebut hingga kini.

Penjahit – penjahit yang ada di kampung bendera yang pandai mengambil momen menjadi sebuah berkah ini pada bulan – bulan sebelum dan sesudah bulan agustus merupakan penjahit pakaian biasa .

Senada dengannya, Sri Maryati warga Darmo Rejo, Darmo Kali Surabaya, yang juga memiliki usaha membuat bendera merah putih, membenarkan bahwa pesanan dari luar pulau Jawa dan dari dalam kota Surabaya lumayan besar.

Dengan harga jual mulai dari 7 ribu sampai dengan diatas 100 ribu untuk selembar bendera merah putih, para pengrajin bendera di Kampung Bendera, Surabaya tahun ini dalam rangka HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia, melayani orderan dari Surabaya hingga luar Jawa.

Source https://kimbaharisukolilobaru.blogspot.co.id https://kimbaharisukolilobaru.blogspot.co.id/2017/08/agustus-bulan-berkah-bagi-warga-darmo.html
Comments
Loading...