Sentra Kerajinan Bendera Di Solo

0 492

Sentra Kerajinan Bendera Di Solo

Bagi para pengrajin atau produsen Bendera Merah Putih menjelang Haru Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI seperti saat ini adalah menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu karena memberi berkah tersendiri bagi mereka. Hampir seluruh produsen Bendera Merah Putih dan umbul – umbul mereka saatnya meraup utung dari banyaknya orderan yang terus membanjiri mereka.

Salah satu rumah milik produsen bendera merah putih di Jebres,  Solo, Jawa Tengah mengakui sejak akhir bulan Juli lalu,  hingga saat ini memasuki bulan Agustus mereka  terus disibukan dengan order pesanan bendera merah putih serta umbul umbul merah putih dari berbagai daerah.

Bahkan hampir setiap hari para pekerja mereka harus  lembur untuk memenuhi target pesanan, diman omsetpun naik hingga tiga kali lipat dari bulan bula biasanya.

Ny. Endang Kartono salah seorang perajin bendera dan umbul umbul merah putih mengaku sejak bulan juli lalu sudah mulai memproduksi bendera dan umbul umbul, bahkan di akhir bulan Juli permintaan para pelanggannya justru semakin meningkat.

“Saya memiliki dua orang pekerja untuk menyelesaikan order dari para langganannya, sampai awal agustus ini sudah mengirim pesanan sebanyak 200 ratus kodi dan menjual eceran sebanyak 1200 buah,”Kata Ny. Endang. Menurutnya  untuk umbul umbul hampir 1000 buah sudah dikirim ke toko toko disekitar  Solo Raya. “kami memang kewalahan melayani pesanan, kami juga terpaksa harus borongkan pembuatan benderanya setelah bahan kita potong kepihak lain,”ujarnya.

Ia menjelaskan bendera yang diproduksi pihaknya terbagi dalam dua ukuran,  yaitu ukuran 90 cm x 120 cm yang dijual denga harga Rp. 10 ribu perbuah dan 90 cm x 30 cm dengan harga jual dijual Rp 6 ribu perbuah dan Rp 40 ribu untuk umbul umbul merah putih.

“Para pemesan yang datang ke kami selain dari daerah solo dan sekitarnya, ada juga yang datang dari kota kota besar lainya seperti Jogja dan Surabaya,”sebut Endang.

Mereka pada umumnya para pengusaha bendera berharap, omset penjualan bendera merah putihnya terus meningkat dan tidak hanya di bulan Agustus namun juga pada bulan bulan lainya.

Source https://www.cakrawala.co https://www.cakrawala.co/2017/08/03/pengrajin-bendera-di-solo-kewalahan-terima-orderan-agustusan/
Comments
Loading...