Sentra Kerajinan Berbahan Baku Pasir Dan Semen

0 254

Sentra Kerajinan Berbahan Baku Pasir Dan Semen

Bantulan, Sidoarum, Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sentra kerajinan batako, roster, profil atau varian dari semua itu. Bahan bakunya berupa semen dan pasir. Jadi, Bantulan merupakan desa kerajinan yang berbahan baku pasir dan semen.

Desa kerajinan ini telah memulai aktivitasnya sejak tahun 1970-an yang lalu. Mula-mula hanya dilakukan oleh satu dua orang, namun akhirnya menjadi banyak orang. Sekarang ada 50-an pengusaha kerajinan berbahan baku pasir dan semen di Bantulan ini. Demikian seperti yang dituturkan Ibu Kristina Tuginem yang memiliki usaha sejenis dengan nama UD. Mulyo.

Ibu Kristina Tuginem sendiri mengaku bahwa usaha kerajinan pasir dan semen yang selama ini dilakukannya tidak pernah menemui kendala yang berarti. Sekalipun di musim penghujan, perusahaannya tetap bisa berproduksi. Untuk memutar roda perusahaannya Ibu Kristina Tuginem mempekerjakan 12 orang karyawan dengan sistem borongan dan harian. Dari usaha itu pula keluarga Ibu Kristina Tuginem yang memiliki 3 orang putra ini dapat menghidupi keluarga dengan sangat layak.

Usaha yang dilakukan Ibu Kristina Tuginem dalam seharinya mampu menghabiskan 10 sak semen @ 50 kilogram. Sedangkan pasir 1 truk besar biasanya habis dalam 3 hari. Untuk produk yang berupa batako dihargai 2000 rupiah per potong. Sedangkan untuk roster antara 1.000-3.500 rupiah per potong. Untuk profil antara 1.000-3.500 rupiah per potong.

Source Sentra Kerajinan Berbahan Baku Pasir Dan Semen Sentra Kerajinan Berbahan Baku Pasir Dan Semen
Comments
Loading...