Sentra Kerajinan Bordir Di Rembang

0 217

Kerajinan Bordir

Seni Kerajinan Bordir sudah membudaya di Indonesia. Seni Bordir selalu hidup dan berkembang, disukai masyarakat dan dapat diaplikasikan dalam berbagai karya. Keindahan sebuah karya bordir mempunyai daya tarik dan nilai tambah tersendiri. Hampir semua seni kerajinan perlu didukung oleh motif ragam hias seperti batik, keramik, porselen dll. Begitu pula seni kerajinan bordir, ragam hias memegang peran utama. Karena ragam hias sangat menentukan dalam membuat karya bordir yang indah, variatif dan penuh warna. Bordir merupakan salah satu warisan seni/budaya Indonesia yang mempunyai nilai seni tinggi.
Kerajinan Bordir merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Rembang, sentra produksi kain bordir ini berada di Desa Sedan, Kecamatan Sedan. Walaupun demikian kain bordir juga berkembang di Kecamatan Sluke, Sulang, Lasem dan Kecamatan Rembang. Saat ini jumlah pengusaha kain bordir berkembang mencapai 92 unit usaha dengan kapasitas produksi 31.010 potong/tahun.
Penggemar kain bordir adalah kaum wanita, bukan hanya disukai para ibu saja. Saat ini kerajinan bordir juga digemari remaja putri, karena bentuknya sekarang mulai berkembang sesuai dengan perkembangan fashion yang ada. Pemasaran kain bordir dan kerudung meliputi Kabupaten Rembang, Solo, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Makasar. Selain pemasaran lokal, produk ini juga diekspor ke luar negeri, diantaranya Malaysia.
Source Sentra Kerajinan Bordir Di Rembang Sentra Kerajinan Bordir Di Rembang
Comments
Loading...