Sentra Kerajinan Bumerang Di Semarang

0 211

Sentra Kerajinan Bumerang Di Semarang

“Bumerang-bumerang yang saya buat dari hasil melihat cara pembuatannya di internet tersebut telah dikirim untuk memenuhi pesanan dari Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda, Medan,” kata Haryo Pangarso¬†perajin bumerang di Semarang..

Ia mengaku, saat ini, jumlah peminat bumerang yang kemudian memesan kepada dirinya sudah semakin meningkat dibandingkan tahun sebelumnya karena harga di dalam negeri lebih murah dibandingkan dengan di luar negeri.

Menurut dia, dalam membuat bumerang dibutuhkan konsentrasi dan keahlian khusus serta dilakukan serangkaian pengujian agar bisa terbang dengan baik sebelum dipasarkan. Ia menyebutkan pembuatan bumerang diawali dengan menjiplak gambar yang diambil dari internet untuk dibuat pola di plastik tebal.


“Dari pola tersebut kemudian ditempelkan pada papan triplek dan dipotong sebanyak dua buah dengan bentuk yang sama,” ujarnya saat ditemui di tempat kerjanya di Jalan Lamongan Raya Nomor 59 Semarang.

Menurut dia, proses yang rumit setelah dua triplek yang berbentuk bumerang itu disatukan dengan menggunakan lem kayu sehingga membentuk bumerang yang diinginkan. Setelah dilakukan pengecatan, kata dia, bumerang yang setengah jadi itu harus dipelintir dan ditekuk sedikit demi sedikit dengan ketebalan tertentu agar bisa terbang dengan baik.

“Bumerang yang bagus adalah jika dilemparkan harus kembali pada orang yang menerbangkan tersebut,” kata pria asal Kota Solo tersebut. Bumerang yang diproduksi Haryo dicat dan dilukis gambar naga, burung, atau tokoh kartun sehingga lebih menarik sesuai dengan pesanan.

Dalam sehari, Haryo mengaku dapat memproduksi sebanyak sepuluh bumerang yang kemudian dijual dengan harga cuku murah antara Rp25 ribu dan Rp40 ribu.

Haryo sering melakukan latihan bersama melempar bumerang bersama penggemar bumerang di Kota Semarang seperti di kawasan Simpang Lima dan Pantai Marina. “Saya terus mengembangkan pembuatan bumerang seperti dengan menggunakan bahan ‘fiberglass’ untuk menganti papan tripleks,” katanya.

Source http://183.182.92.148 http://183.182.92.148/detail/bumerang-buatan-semarang-mulai-dilirik-penggemar.html
Comments
Loading...