Sentra Kerajinan Cermin Di Jakarta

0 272

Sentra Kerajinan Cermin Di Jakarta

Kawasan di sekitar Pejompongan sudah sejak lama dikenal sebagai pusatnya penjualan cermin. Di situ bercokol belasan perajin sekaligus pedagang cermin. Pembeli cermin berasal dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan menengah hingga kaum berpunya dan pebisnis.

Cermin tak hanya untuk berkaca mematut diri. Namun cermin juga bisa dijadikan penghias ruang. Di Jakarta terdapat sentra cermin unik dan cantik, tak ada salahnya mampir ke Jalan Pejompongan Raya, Jakarta Pusat.  Bisa dibilang, di kawasan itu ada belasan perajin sekaligus pedagang cermin dengan aneka produk cermin. Mulai cermin yang biasa-biasa saja, hingga cermin penghias ruang tadi.

Salah satu perajin dan juga pedagang itu adalah Iwan Wahyudi. Pemilik Rasdja Furniture sejatinya sudah menggeluti bisnis cermin ini sudah puluhan tahun silam. Maklum, bisnis ini merupakan warisan keluarga Iwan.
Bisa dibilang, keluarga Iwan adalah salah satu perintis usaha cermin di Pejompongan ini. “Berdirinya sejak lama, sejak 1980-an. Setelah ayah tidak ada, usaha ini akhirnya saya yang meneruskan,” kata Iwan.

Awalnya, di daerah Pejompongan ini hanya ada dua perajin cermin. Kini, di situ setidaknya bercokol 15 toko yang menjual aneka cermin.

Selain ayah Iwan, perajin lainnya adalah Haji Sarkawi. “Haji Sarkawi pertama kali mengenalkan bisnis cermin ini,” ujar  pemilik PD Hikmah Jaya. Pada awalnya, Sarkawi tidak hanya berjualan kaca saja. Dia juga menjual aneka furnitur seperti kursi, meja, lemari, dan kusen pintu. Namun, di antara semua produk Sarkawi itu, justru cermin yang paling laku. Makanya sejak 1998, Sarkawi memutuskan hanya menjual cermin saja.

Dari berjualan cermin, kalau pas lagi ramai, bisa mendulang omzet sebesar Rp 2 juta per hari. Namun, jika sedang sepi, paling-paling hanya bisa mendapatkan omzet Rp 500.000 per hari. “Pembelian ramai itu biasanya Sabtu dan Minggu. Selain itu, omzet semakin besar kalau memasuki bulan suci Ramadan atau menjelang Natal dan tahun baru,” jelasnya.

Source http://tetapadapeluang.blogspot.co.id http://tetapadapeluang.blogspot.co.id/2011/11/sentra-cermin-pejompongan-jakarta.html
Comments
Loading...