Sentra Kerajinan Dandang Alumunium Di Bogor

0 312

Sentra Kerajinan Dandang Alumunium Di Bogor

Dandang salah satu alat memasak nasi tradisional yang terbuat dari bahan tembaga dan alumunium,mulai tergerus dengan kemajuan zaman. Selain kurang diminatinya masyarakat, pabrik atau bengkel dandang yang biasanya banyak di temui di Desa Ciadeg dan Ciburayut Kecamatan Cigombong kini mulai sulit ditemukan.

“Dulu memang cukup banyak bengkel pembuatan Dandang, karena mahalnya bahan baku tembaga dan kutangnya minat masyarakat, hingga saat ini di desa kami hanya menyisakan tiga bengkel atau pabrik pembuatan dandang,” kata Kades Ciadeg Azis, kepada Metropolitan kemarin.

Menurut dia, saat ini mayoritas masyarakat saat ini sudah menggunakan alat menanak nasi modern. Sehingga hanya beberapa masyarakat yang masih mengunakan dandang sebagai alat masak. Selain itu, lanjut dia, hanya wilayah wilayah tertentu yang masih memanfaatkan Dandang.

Sementara itu Udan, warga Desa Ciburayut salah satu pemilik bengkel dandang mengaku jika dirinya saat ini tidak lagi memperoduksi Dandang. Mengingat mahalnya bahan baku dan modal, yang memang sangat sulit. “Kalau untuk pemasaran kami mungkin masih bisa upayakan dengan melakukan inovasi baru, namuan kami terbentur modal sehingga kami terpaksa gulung tikar dan tidak lagi produksi Dandang,” akunya.

Udan menjelskan, Dandang yang diproduksina selama ini dipasarkan hingga wilayah lebak banten, karena masarakat Banten masih banyak menggunakan Dandang sebagai alat menanak nasi. “Ya kalau pemasaran di Wilayah Bogor sudah aga kurang, namun kami lebihb ke wilayah wilayah yang jauh seperti Lebak Banten dan wilayah lainnya, yang masih banyak menggunakan Dandang, sebagai alat masak,” pungkasnya.

Source http://www.metropolitan.id http://www.metropolitan.id/2018/02/mulai-ditinggalkan-perajin-dandang-nyaris-punah/
Comments
Loading...