Sentra Kerajinan Dandang Di Garut

0 566

Sentra Kerajinan Dandang Di Garut

Pasirkiamis adalah nama sebuah Kampung di Desa Pasirkiamis Kecamatan Pasirwangi kabupaten Garut. Pasir kiamis sudah dikenal sejek lama sebagai penghasil dandang (alat dapur) yang pembuatannya dengan cara dipukul pukul.

Pada awalnya Saiful pengrajin di Pasirkiamis hanya menggunakan bahan baku dari tembaga tetapi pada tahun 80 an beralih menggunakan bahan baku dari Alumunium. Beralihnya penggunaan bahan bahan baku Alumunium  ke bahan baku Tembaga, karena pengrajin kesulitan untuk mendapatkan bahan baku dari tembaga tersebut.

Jumlah pengrajin saat ini ada sekitar +/- 200 orang. Pasar yang dituju oleh pengrajin untuk memasarkan produk selain pasar lokal juga pasar luar daerah seperti Tasikmalaya, Bandung bahkan sampai ke Kalimantan. Untuk pasar ke luar daerah hasil produk di tampung oleh Bandar, tetapi untuk pasar lokal pemasaran dilakukan oleh istri masing masing pengrajin dengan kata lain suami bekerja sebagai pengrajin maka istri bekerja sebagai marketing.

Source http://pasirkiamis.blogspot.co.id http://pasirkiamis.blogspot.co.id/2010/08/sekilas-tentang-pengrajin-dandang.html
Comments
Loading...