Sentra Kerajinan Dandang Di Jakarta Timur

0 286

Sentra Kerajinan Dandang Di Jakarta Timur

Sebelum berganti wajah menjadi sentra pembuatan dandang, daerah Dewi Sartika, Jakarta Timur terkenal dengan pusat penghasil kompor minyak. Perubahan ini buntut dari program konversi gas elpiji. Para perajin dandang bisa meraup omzet hingga Rp 30 juta sebulan dengan margin 40% di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur dari arah Cililitan.

Cuma, sejak program konversi minyak tanah ke gas elpiji bergulir tahun 2008, perajin kompor minyak tanah di daerah ini membanting setir menjadi pembuat dandang dan oven gas. Di sentra ini ada sekitar 20 perajin dandang dan oven gas. Kedua alat masak yang mereka buat itu kemudian dipajang di depan kios.

Di sentra ini, akan menjumpai aneka bentuk dandang dengan berbagai ukuran. Misalnya, dandang berukuran tinggi 85 centimeter (cm) dan diameter 58 cm, dengan ketebalan 0,6 cm. Lalu, ada juga dandang ukuran kecil dengan tinggi 50 cm dan diameter 30 cm.


Suhada, salah seorang perajin sekaligus pemilik kios di sentra itu, mengatakan, dirinya mulai fokus membuat dandang dan oven gas sejak tahun 2008. Sebelumnya, ia menjual kompor minyak.

Namun, gara-gara penjualan kompor minyaknya anjlok seiring program konversi gas, Suhada pun mempelajari cara membuat dandang. “Cara membuat kompor minyak dan dandang punya kemiripan, karena bentuknya sama-sama bulat,” ujarnya.

Suhada membuat alat memasak ini dengan menggunakan bahan stainless steel dan aluminium. Untuk dandang berbahan stainless steel, ia membanderol produknya dengan harga Rp 850.000 per unit. Sedang dandang yang berbahan aluminium lebih murah,
Rp 750.000 per unit.

Selain dandang, Suhada juga membuat oven gas. Untuk oven gas ukuran 60 cm x 45 cm, dia jual dengan harga Rp 750.000 per unit. Tapi, “Harga ini masih bisa dinego,” kata Suhada. Dalam sebulan, Suhada bisa menjual 20 unit sampai 30 unit dandang dan sekitar 10 oven gas. Dari penjualan ini, ia bisa meraup omzet sekitar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta dengan keuntungan bersih 30% hingga 40%.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-dandang-dewi-sartika-awalnya-kompor-1
Comments
Loading...