Sentra Kerajinan Dulang Di Desa Bresela

0 337

Kerajinan Dulang Meningkat

Perajin Dulang Anak Agung Raka Negara mengaku sudah sangat banyak orderan yang datang ke toknya di Banjar Triwangsa, Desa Bresela, Payangan, Gianyar.

Gung Raka mengaku mengajak puluhan buruh, untuk membantu dalam proses pembuatan dulang. Yang berasal dari warga setempat, dan beberapa juga ada yang berasal dari daerah Tampaksiring bahkan Singaraja.

Dirinya mengaku mulai menjadi perajin dulang sejak dua tahun lalu, setelah ia berhenti menjadi buruh pembuat dulang juga. Dan dirinya mencoba untuk buka usaha sendiri, bahkan sekarang ia bisa membuat toko yang lebih luas lagi.

Sampai saat ini, Gung Raka mengaku mempekerjakan 40 orang, dalam proses pembuatan dulang tersebut. Sedangkan bahan yang berupa fiberglass, ia mengaku mendatangkan langsung dari Pulau Jawa. Dan ada juga dari daerah Denpasar. Satu buah dulang tersebut, bisa seharga sebesar Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu, tergantung ukuran dan motifnya.

Sampai saat ini, Gung Raka mengaku usaha dulangnya sudah dikenal beberapa kabupaten di Bali. Di samping itu, ia juga menerima pesanan dari berbagai Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang ada di wilayah Gianyar. Bahkan sering dipakai untuk hadiah bagi para nasabahnya.

Disinggung terkait kendala, Gung Raka sendiri mengakui proses pengerjaan dulang tersebut terkendala jika musim hujan tiba. Karena ada proses pengecatan menjadi terhambat. Sebab jika tidak dapat sinar matahari yang luamayan terik, cat dari wanci tersebut menjadi tidak bagus hasilnya.

Source Sentra Kerajinan Dulang Di Desa Bresela Sentra Kerajinan Dulang Di Desa Bresela
Comments
Loading...