Sentra Kerajinan Dulang Ukir Di Badung

0 231

Sentra Kerajinan Dulang Ukir Di Badung

Kerajinan dulang ukir yang berbahan baku dari rotan khas Bali banyak diminati para konsumen dari luar Bali. Antara lain, Provinsi Sumatera dan Sulawesi, sebagai sarana perlengkapan ritual umat Hindu dan hiasan meja dalam rumah.

“Konsumen dari luar Bali banyak yang membeli dulang ukir di tempat saya, karena memiliki ukiran dan motif yang unik,” kata Putu Suartini, Pemilik usaha kerajinan dulang di UD Eka Dewi, di Pasar Beringkit Mengwi, Badung.
Ia mengakui, permintaan dulang ukir berbahan baku dari rotan itu bisa mencapai 100 buah per bulan yang kebanyakan dibeli konsumen dari luar daerah secara grosir. Namun, pihaknya juga menjual dulang ukir itu secara eceran. Untuk harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung dari ukuran dan motif yang dimiliki dulang ukir itu. Rata-rata harga dulang yang ia tawarkan di sini kisaran harga Rp200.000 hingga Rp1 juta.
Selain menjual dulang ukir, lanjut dia, juga menjual prosuk lokal Bali lainnya diantaranya bokor, dan alat-alat ritual. Selain, menjual ke luar daerah, permintaan dulang ukir berbahan dasar rotan itu juga banyak diminati hotel-hotel yang ada di Pulau Dewata. “Untuk permintaan dulang rotan ini biasanya berukuran kecil untuk menempatkan buah yang dihias,” ujarnya Pihaknya juga mengakui, terkadang banyak wisatawan asing yang mencari dulang rotan ini untuk hiasan rumah.
Source Sentra Kerajinan Dulang Ukir Di Badung Sentra Kerajinan Dulang Ukir Di Badung
Comments
Loading...