Sentra Kerajinan Ebeg Banyumas

0 267

Kerajinan Ebeg pada kenyataannya meskipun tampaknya sepele tetapi memang membuat kerajinan bambu yang dibentuk menjadi gambar kuda 2 dimensi adalah bukan sebuah pekerjaan yang mudah, seorang Banyumas yang bernama Kang ARIS yang selain memang dia sendiri adalah wayang / penari ebeg, kemampuan lainnya adalah membuat kerajinan anyaman bambu yang biasa/ bisa disebut sebagai kuda kepang/ ebeg.

Kang Aris memang tidak sendiri, untuk membuat kerajinan anyaman bambu tersebut dia dibantu oleh istrinya. Bahkan kata Kang ARIS, tanpa andil istrinya dia tidak mungkin menyelesaikan pesanan pembuatan Kuda Kepang/ Kuda Lumping/ Ebeg dalam waktu yang cepat.

Kemampuan produksi Kang Aris membuat sebuah kerajinan Ebeg Banyumas ini, dia menjawab maksimal 2 buah dalam 3 hari, tetapi itupun tergantung dari bahan mentahnya, bila semua bahan mentah ada, maka standart pembuatannya 3 hari untuk 2 buah pesanan Ebeg/ Kuda Kepang, tetapi bila ijuknya susah di dapat maka waktu pembuatannya bisa lebih lama.

Harga per buahnya ebeg ukuran standart harga 1 buahnya : Rp. 250.000,- Akan semakin mahal bila ukuran Ebegnya diatas standar.

Source Sentra Kerajinan Ebeg Banyumas Sentra Kerajinan Ebeg Banyumas
Comments
Loading...