Sentra Kerajinan Emas Dan Perak Dari Desa Pulo

0 193

Sentra Kerajinan Emas Dan Perak

Desa Pulo adalah sentra kerajinan emas dan perak di Kabupaten Lumajang, Jawa Tengah. Status sebagai sentra kerajinan perak dan emas sudah cukup kondang. Hampir sebagian besar penduduknya bekerja sebagai perajin emas dan perak, baik sebagai pengusaha maupun buruh.

Salah seorang perajin Emas di Desa Pulo adalah Slamet Yudiskus Hasibuan. Perajin yang tinggal di Dusun Gentengsari ini sudah menekuni kerajinan perhiasan emas sejak tahun 2003. Mulanya dia bekerja di perajin lain di desanya dan sempat bekerja di pabrik emas di Surabaya. Saat ini slamet  mempekerjakan tujuh orang karyawan yang tak lain adalah warga Desa Pulo.

Slamet memproduksi anting, gelang dan cincin untuk orang dewasa dan anak-anak. Perhiasan emas yang diproduksi Slamet berupa emas 24 karat dengan kadar bervariasi. Paling ringan beratnya 2 gr dan paling berat 10 gr. “Kadar emas biasanya berdasarkan permintaan pesanan toko emas,” kata Mamek.

Produk kerajinan emas/perak Desa Pulo bentuknya macam-macam, Motifnya beragam. Hampir setiap perajin mempunyai motif khas sendiri-sendiri, dan kebanyakan atas pesanan toko emas. Sedangkan untuk perak, selain membuat motif sendiri, juga berdasarkan pesan

Patut dibanggakan, dari Desa Pulo lahir perajin-perajin emas dan perak handal. Keterampilan itu secara turun temurun. Kehandalan sebagai perajin itu menjadikan perajin emas/perak dari Desa Pulo disegani oleh kalangan perajin serupa di daerah lain.

Source Sentra Kerajinan Emas Dan Perak Dari Desa Pulo Sentra Kerajinan Emas Dan Perak Dari Desa Pulo
Comments
Loading...