Sentra Kerajinan Gamelan Di Sukoharjo

0 167

Di luar Kota Solo, tepatnya di Desa Wirun, Kabupaten Sukoharjo, terdapat sebuah desa yang penduduknya dikenal sebagai perajin Gamelan dari generasi ke generasi.

Salah seorang perajin Agung dalam pembuatan gamelan di desa ini sudah cukup modern. Para perajin menggunakan pemanas berbahan bakar gas untuk memasak bahan lempengan dan memanaskan lempengan. Sementara untuk proses pembentukan lempengan hingga menjadi gamelan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, masih mengandalkan tenaga manusia yang dibantu dengan palu. Dengan cara tersebut, jika semua proses berjalan lancar, dalam satu hari, setiap kelompok perajin di sini dapat menghasilkan dua buah gamelan.

Proses Pembuatan Gamelan

Proses pembuatan Gamelan dimulai dengan memasak bahan untuk membuat lempengan. Bahan yang digunakan adalah timah dan tembaga. Kedua bahan tersebut dimasak di dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Setelah kedua bahan tersebut meleleh dan menghasilkan campuran yang pas, lalu dituangkan ke dalam cetakan. Ukuran cetakan serta jumlah bahan yang dimasak tergantung pada ukuran gamelan yang akan dibuat.

Setelah dingin, campuran dua bahan tadi akan dikeluarkan dari cetakan lalu jadilah plat. Plat inilah yang kemudian secara berulang-ulang akan dipanaskan lalu ditempa hingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Proses penempaan plat, jika tanpa hambatan, hingga menghasilkan bentuk yang diinginkan sekitar 2 jam 15 menit. Proses ini melibatkan sekitar 7-9 pekerja.

Setelah mendapatkan bentuk yang diinginkan serta ukurannya sesuai dengan standar yang telah ditentukan, gamelan akan masuk ke proses selanjutnya. Nada gamelan akan diatur sesuai dengan standar bunyi yang sudah ada. Pengaturan nada ini, walau sudah ditemukan tehnologi yang memudahkan proses, tidak jarang masih berdasar insting. Setelah memperoleh nada yang diinginkan, gamelan akan dipoles agar penampilannya terlihat menarik dan dikumpulkan dengan gamelan-gamelan lain.

Satu set gamelan yang berjumlah sekitar 300 buah (berukuran dari yang paling kecil hingga gong) dapat dibuat dalam 4 bulan. Mengenai harga, tergantung pada jumlah dan ukuran gamelan yang diinginkan. Satu set gamelan yang lengkap bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Source Sentra Kerajinan Gamelan Di Sukoharjo Sentra Kerajinan Gamelan Di Sukoharjo
Comments
Loading...