Sentra Kerajinan Gedek Bambu Di Jember

0 690

Jember merupakan salah satu kota yang berpotensi bambu yang begitu melimpah, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan yang bernilai ekonomis oleh masyarakat. Potensi kerajinan tangan ini bila dikelola dengan baik bisa menjadi industri ekonomi kreatif rumah tangga. Salah satunya kerajinan bambu ini dinamakan Gedek/anyaman bambu. Gedek/anyaman bambu ini biasanya juga dapat digunakan untuk dinding rumah.

Sentra Kerajinan Gedek Bambu

Salah satu Desa yang merupakan pusat pengrajin gedek/anyaman bambu ini terdapat di Desa Darsono. Desa Darsono ini merupakan Desa yang berada di sebuah Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember yang warganya berprofesi sebagai petani, pedagang, PNS, Peternak dan pengrajin anyaman bambu (Gedek). Di Desa Darsono ini  Agus yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman bambu (Gedek), yang mana dalam satu hari seorang pengrajin anyaman bambu di Desa Darsono ini dapat menghasilkan 2 lembar anyaman bambu dengan ukuran 2 meter x 2,5 meter. Pembuatan anyaman bambu yang masih tergolong sangat manual dan tradisional yang dilakukan di masing-masing rumah warga di desa ini.
Kerajinan anyaman bambu (Gedek) ini sangat murah dijual, mulai dari Harga 30 ribu sampai dengan kisaran tertinggi 90 ribu. Untuk model dan bentuk desain anyaman bambu (Gedek) ini juga bervariasi, anda juga dapat memesan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Di Desa Darsono ini ternyata juga banyak orang-orang yang memesan berbagai desain anyaman bambu ini, mulai dari Kota Jember, luar Kota Jember, sampai ke mancanegara. 
Source Sentra Kerajinan Gedek Bambu Di Jember Sentra Kerajinan Gedek Bambu Di Jember
Comments
Loading...