Sentra Kerajinan Genteng Di Jember

0 244

Sentra Kerajinan Genteng Di Jember

Di Kota Jember, Jawa Timur terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil tembakau utama di Indonesia. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk kota ini berprofesi sebagai petani. Meski begitu, banyak juga industri lainnya yang beroperasi di kota ini, salah satunya adalah pusat industri produksi genteng. Lokasi sentra ini berada di Desa Balung Kidul, Kecamatan Balung, Jember.

Lokasi sentra ini berada di sepanjang pinggir jalan memasuki Desa Balung Kidul. Tumpukan dan susunan genteng tampak berderet di pinggir jalan sebagai tanda tempat ini merupakan pusat pembuatan dan penjualan genteng dari tanah liat. Ada sekitar 50 perajin sekaligus penjual genteng di Desa Balung Kidul ini.

Nanang Suyitno, salah satu produsen dan penjual genteng di sentra ini, mengatakan, wilayah ini sudah sejak puluhan tahun silam  menjadi pusat produksi dan penjualan genteng. Meski usia sentra ini sudah tua, peredaran genteng buatan para perajin di Desa Balung Kidul ini terbatas hanya di sekitar daerah Jember, Banyuwangi. Paling jauh memenuhi pasar Bali.

Oleh karena itu, harganya pun lebih tinggi dari jenis yang lain, yaitu Rp 1.800 per unit. Untuk genteng jenis mantili dibanderol sebesar Rp 1.000 per unit, sedangkan Rp 950 per unit untuk genteng jenis pres. Harga tersebut hanya berlaku bagi pelanggan yang berada di sekitar Jember. Adapun harga jual untuk pembeli di luar Jember lebih mahal sekitar Rp 100-Rp 200 per genteng.

Source Sentra Kerajinan Genteng Di Jember Sentra Kerajinan Genteng Di Jember
Comments
Loading...