Sentra Kerajinan Genteng Di Kediri

0 267

Sentra Kerajinan Genteng Di Kediri

Kampung pengrajin genteng yang ada di Dusun Kradenan, Desa Banyakan, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur saat ini mengalami kelesuan dari permintaan. Penyebabnya, akhir tahun 2014 ini minim proyek pemerintahan, dan produk genteng mereka kalah bersaing dengan genteng beton maupun genteng keramik.

“Bulan ini susah, tetapi semoga nanti bulan depan lancar lagi. Sekarang tidak ada permintaan, karena belum ada proyek dari pemerintah yang buka,” keluh Karmonah, salah seorang pengepul genteng.

Di kampung kerajinan genteng ini ada 300 Kepala Keluarga (KK) yang menggeluti usaha sebagai pengrajin genteng. Diakhir massa tahun 2014 ini, mereka mengeluhkan usahanya terus mengalami kelesuan karena tidak adanya program proyek pemerintah yang menjadi satu satunya harapan penyerapan puluhan ribu genteng yang diproduksi warga.

Para pengrajin setiap harinya mampu memproduksi genteng sebanyak 500 unit genteng perhari selama 5 jam. Saat ini produksinya menurun hingga 10 persen setiap kali produksi dan saat ini pengrajin harus menumpuk hasil produksi karena minimnya permintaan. Setiap KK mampu menghasilkan 15 hingga 30 ribu genting perbulannya.

Pengrajin juga mengeluh akibta harga yang labil dari setiap pembeli. Umunya, harga genteng dalam kondisi penjualan normal per 1000 butirnya adalah Rp 1,2 juta, sedangkan untuk konsumen proyek harga genteng 1, 5 juta per seribu butirnya. Mereka berharap adanya peran pemerintah layaknya koperasi guna menstabilkanharga.

“Sekarang ini harga genteng turun, karena kondisi penjualan yang memang macet. Kalau biasanya Rp 1,1 juta hingga Rp 1,2 juta, sekarang hanya Rp 900 ribu per 1.000 butirnya. Itu berlaku untuk pembeli dari rumahan. Sedangkan untuk proyek pemerintah, harganya sedikit lebih mahal,” pungkas Karmonah.

Source Sentra Kerajinan Genteng Di Kediri Sentra Kerajinan Genteng Di Kediri
Comments
Loading...