Sentra Kerajinan Genteng Di Kudus

0 282

Kerajinan Genteng Kudus

Usaha kerajinan genteng terdapat di Kecamatan Bae dan Kecamatan Kaliwungu, tepatnya di desa Ngembal Rejo dan di Desa Papringan. Di dua desa tersebut hampir seluruh penduduknya memproduksi genteng. Hasil produksi dari dua desa tersebut yang kemudian di kenal dengan sebutan genteng kudus.

Genteng kudus terdiri dari banyak macam. Ada genteng mantili, genteng sokka, genteng kodok, genteng kerpus/wuwungan, genteng hias, dan berbagai macam genteng yang lain. Perbedaan tiap-tiap jenis genteng tersebut adalah pada bentuknya. Masing-masing jenis genteng memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan jenis genteng yang lain. Dengan adanya berbagai variasi genteng kudus tersebut, maka pembeli memiliki banyak ragam pilihan sesuai dengan selera dan kebutuhannya.

Kualitas genteng kudus sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dari meningkatnya permintaan genteng dari tahun ke tahun. Untuk menjaga kualitas genteng, biasanya para pengrajin melakukan sortir/pemilihan sesudah proses pembakaran dilakukan. Genteng yang berkualitas dipisahkan dengan gentang yang kurang berkualitas. Genteng yang berkualitas itulah yang dikirim ke berbagai kota di pulau jawa, sedangkan genteng yang kurang berkualitas (disebut genteng BS) biasanya dipakai sendiri atau dijual dengan harga murah.

Pemasaran genteng kudus sebagian besar dilakukan dengan cara tradisional. Calon pembeli datang ke tempat produksi, memilih barang, membayar, lalu genteng di kirim ke tempat pembeli. Ada juga produsen genteng kudus yang memasarkannya dengan melakukan penawaran ke toko-toko bangunan di kota kudus dan sekitarnya. Misalnya pati, grobogan, blora, rembang, dan kota-kota yang lain. Bagi produsen yang memiliki banyak modal, biasanya menampung genteng dari para produsen-produsen yang lain lalu mengirimkannya ke luar jawa.

Source Sentra Kerajinan Genteng Di Kudus Sentra Kerajinan Genteng Di Kudus
Comments
Loading...