Sentra Kerajinan Genteng Di Purwakarta

0 205

Kerajinan Genteng

Di Desa Citeko, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terdapat sentra pembuatan genteng yang sangat terkenal. Akan tetapi lambatnya proses pengeringan karena cuaca buruk berakibat pada menurunnya jumlah produksi genteng dari tanah liat tersebut.

“Curah hujan cukup tinggi, membuat genteng yang dijemur susah kering, selain berdampak pada kualitas genteng juga menurunnya jumlah produksi,” kata Ade Hamid salah seorang Pengrajin Genteng. Menurutnya, selain merugi, kualitas genteng juga dikhawatirkan menurun karena proses pengeringan yang tidak sempurna.

Selain itu pada proses pembakaran genteng di musim hujan seperti sekarang biayanya menjadi bertambah dimana satu kali pembakaran menghabiskan kayu jati kering hingga 1 mobil colt diesel, dengan harga sekitar Rp2,5 juta, kalau musim panas satu mobil kayu jati biasanya dapat digunakan untuk dua kali pembakaran.

Terkait harga genteng Ade menjelaskan, kini harganya Rp1.100 perbuah, masih tetap tidak ada penurunan walaupun ada penurunan harga BBM belum lama ini. Sedangkan distribusinya berdasarkan pemesanan seperti ke Karawang, Bekasi, Subang dan Banten. Hal itu bukan tanpa alasan, karena persaingan di Purwakarta cukup tinggi dan pemesanan menurun dari beberapa tahun ke belakang karena, pemerintah setempat sendiri menggunakan genteng metal dibanding genteng yang terbuat dari tanah putih yang sudah menjadi ikon Kecamatan Plered. Dia berharap, pemerintah setempat bisa membantu mengembangkan pemasaran genteng Plered, sehingga para pengrajin genteng bergairah kembali.

Source Sentra Kerajinan Genteng Di Purwakarta Sentra Kerajinan Genteng Di Purwakarta
Comments
Loading...