Sentra Kerajinan Genteng Di Sleman

Perajin menjemur genteng yang baru saja dicetak di Sentra Kerajinan Genteng Meteseh, Kendal, Jawa Tengah, Jumat (23/1). Hujan yang sering mengguyur kawasan tersebut dua bulan terakhir menyebabkan penurunan produksi perajin setempat antara 60 hingga 75 persen karena semakin lamanya proses pengeringan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Asf/pd/15.
0 439

Sentra Kerajinan Genteng Di Sleman

Sentra kerajinan genteng mulai tumbuh di Godean, khususnya di Dusun Berjo, Kalurahan Sidoluhur, Kecamatan Godean Sleman, Yogyakarta. Menurut beberapa sumber kegiatan kerajinan genteng ini mulai ada sejak tahun 1930-an. Akan tetapi ada pula yang menyatakan bahwa kegiatan kerajinan genteng ini mulai tumbuh sejak tahun 1950-an. Kala itu kerajinan genteng di wilayah Godean itu masih sangat sederhana.

Produk genteng yang dihasilkannya pun juga masih sangat sederhana. Produk genteng yang dihasilkan saat itu kebanyakan jenis genteng “krupuk”. Sesuai dengan julukannya, genteng krupuk adalah genteng yang berbentuk relative kecil dan tipis sehingga relatif mudah pecah. Daya tahan genteng jenis juga tidak terlalu awet.

Ibu Slamet Rahayu, yang bersama-sama suaminya, Samiono telah merintis usaha kerajinan genteng sejak tahun 1980-an. Tahun itu mereka telah mengenal teknologi genteng pres. Pengerjaan kerajinan genteng mulai dari mencampur tanah hingga pencetakan genteng telah dilakukan dengan mesin. Unsur tanah yang digunakan untuk produksi genteng pun bukan sembarang tanah. Setidaknya ada tiga jenis tanah yang digunakan untuk produksi genteng ini.

Ibu Slamet Rahayu menyatakan bahwa untuk satu truk tanah seharga Rp 250.000,- biasanya akan menjadi genteng sebanyak 800-1.000 potong genteng. Untuk 1.000 genteng umumnya dijual dengan harga Rp 750.000,-. Harga ini berlaku untuk genteng jenis kodok. Sedangkan genteng jenis paris seharga Rp 650.000,- per seribu genteng. Harga ini di luar ongkos transportasi. Sementara upah pengrajin untuk 1.000 genteng adalah Rp 70.000,-.

Source Sentra Kerajinan Genteng Di Sleman Sentra Kerajinan Genteng Di Sleman
Comments
Loading...