Sentra Kerajinan Gerabah Di Cirebon

0 401

Salah satu desa di kabupaten Cirebon, yaitu Desa Sitiwinangun, merupakan daerah penghasil kerajinan tangan gerabah. Sitiwinangun adalah nama sebuah desa di kecamatan Klangenan yang terletak 15 km ke arah barat kota Cirebon. Gerabah merupakan suatu kerajinan tangan yang menjadi andalan di desa sitiwinangun, salah satu perajinnya adalah Pak Ahmad. Ia memfokuskan kerajinan gerabahnya untuk membuat kerajinan gentong dari gerabah.

Untuk membuat gerabah berupa gentong yang besar dilakukan dengan teknik pukul, yaitu memakai alat pemukul dari kayu yang disebut paddle dan landasannya disebut anvil. Biasanya untuk dasar gentong dibuat dengan teknik putar lambat. Untuk memperlebar bentuk, di bagian atas ditambah gumpalan tanah, dari luar di pukul dengan kayu, dari dalam ditahan oleh batu. Dengan demikian tanah lebih dipadatkan dan lebih kuat. Sama seperti pada pembuatan pottery bowl yang memerlukan teknik yang sama.

Setelah gentong atau pottery bowl terbentuk, untuk lebih indah, ditambah motif hias. Dari zaman dahulu telah dikenal gentong dengan hiasan yang dibuat dari torehan, cungkilan pukulan, dan lain-lain. Hasilnya berbentuk motif geometris, anyaman, tumpal, pilin, dan lain-lain. Ada kalanya dibuat motif baru berupa bunga ceplok yang ditempelkan, biasanya mengelilingi bagian luar gentong. Sejalan dengan perkembangan motif batik, dikembangkan pula motif kangkungan, awan berarak, matahari (berupa titik dengan garis memancar di sekelilingnya).

Source Sentra Kerajinan Gerabah Di Cirebon Sentra Kerajinan Gerabah Di Cirebon
Comments
Loading...