Sentra Kerajinan Gerabah Di Desa senik, Kulon Progo

0 265

Kerajinan Gerabah

Warga Dusun Senik, Bumirejo, Lendah memproduksi gerabah sebagai suatu profesi yang dilakukan secara turun temurun. Produsen gerabah Senik biasanya membuat tungku dengan beragam ukuran.

Haryanti, salah satu pengrajin gerabah mengatakan bahan baku utama pembuatan gerabah didapatkan dari daerah sekitar. Tanah lempung dibeli dari sawah setempat dengan harga Rp200.000 per kol. Sedangkan pasir dibeli dari penambang Sungai Progo seharga Rp180.000 per kol.

Namun, tanah lempung dari sawah tersebut hanya bisa didapatkan setelah musim panen padi. Karena itu, ia biasanya membeli tanah lempung dalam jumlah banyak untuk digunakan selama kurun waktu tertentu.

Gerabah produksinya dipasarkan ke sejumlah daerah di DIY dan sekitarnya. Setiap bulannya, Haryanti biasa mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp800.000. Angka tersebut sebenarnya tidaklah istimewa. Terlebih saat ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan baku sera kebutuhan sehari-hari semakin tinggi. Selain itu, pasar penjualan tungku gerabah semakin tergerus dengan adanya bantuan kompor gas dari pemerintah.

Source Sentra Kerajinan Gerabah Di Desa senik, Kulon Progo Sentra Kerajinan Gerabah Di Desa senik, Kulon Progo
Comments
Loading...