Sentra Kerajinan Gerabah Di Gianyar, Bali

0 779

Sentra Kerajinan Gerabah Di Gianyar, Bali

Daerah Perangsada, sebuah kampung kecil berlokasi di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar-Bali, disini merupakan salah satu sentra kerajinan gerabah asli Bali yang sudah menjadi tradisi secara turun temurun mulai dari pot bunga, alat-alat dapur, hiasan taman dan berbagai kelengkapan upacara. Segala sesuatunya yang berhubungan dengan proses produksi masih dikerjakan secara tradisional dan sederhana seperti pengolahan tanah, pencetakan, pembakaran sampai urusan pemasaran yang hanya dijajakan didepan toko. Meskipun sebagain besar anak muda sekarang lebih memilih pekerjaan di sektor industri atau pariwisata, namun tradisi membuat gerabah ini masih bertahan ditengah-tengah ketatnya persaingan pasar yang menawarkan berbagai jenis barang alternatif dan harga bersaing.

Dari 25 KK yang masih aktif, itupun tidak semua membuat kerajinan gerabah secara penuh. Sebagain dari mereka juga bekerja sebagai petani, berdagang dan juga membuat kerajinan patung burung elang berbahan dasar kayu. Bagi yang mengerjakan gerabah secara penuh, rata-rata dalam sehari bisa memproduksi sampai 10 buah pot atau kendi, sementara yang masih mempunyai sambilan bisa memproduksi sekitar 5 buah saja.

Tanah liat yang merupakan bahan utama dari pembuatan gerabah ini sekarang harus didatangkan dari daerah lain mengingat persediaan di kampung yang semakin menipis. Hal ini juga mempengaruhi harga jual menjadi sedikit lebih tinggi, namun syukurnya semua proses produksi masih manual sehingga bisa menekan biaya operasional. Menurut penuturan Made Badra, salah satu pengrajin sekaligus pengecer, “dulu pernah kami mendapat bantuan alat-alat yang digerakan dengan listrik dari pemerintah daerah.

Karena alatnya cepat rusak dan susah diperbaiki akhirnya kami kembali bekerja secara manual. Sungguhpun demikian kami tidak pernah ada kendala produksi. Dan pembelipun masih tetap setia karena pada dasarnya alat-alat dari gerabah masih terhitung sebagai alat paling sehat dan ramah lingkungan. Terutama untuk pot tanaman, gerabah masih paling bagus dibandingkan dengan pot plastic atau keramik”

Source Sentra Kerajinan Gerabah Di Gianyar, Bali Gerabah Bali Yang Masih Bertahan
Comments
Loading...