Sentra Kerajinan Gerabah Di Indramayu

0 292

Kerajinan Gerabah

Gerabah sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Bahkan, ditengah gempuran teknologi masih ada permintaan akan gerabah ini sedangkan pengrajinnya bisa dihitung dengan jari.

Salah satunya Ibu Casinah, seorang pengrajin gerabah yang umurnya hampir satu abad sudah bertahun-tahun tetap mempertahankan kebiasaannya. Pun kebiasaannya dalam membuat gerabah. Hampir separuh dari umurnya beliau habiskan sebagai seorang pengrajin gerabah. Mungkin sama halnya seperti pengrajin-pengrajin lain yang seusianya. Sejak kecil beliau sudah dikenalkan dengan gerabah hingga pada akhirnya hanya kenal dengan gerabah.

Kini Ibu casinah mampu membuat cuwo, laya dan kekeb. Sejak bisa membuat gerabah Ibu Casinah berhenti sekolah. Bagi masyarakat disini bisa membuat gerabah itu sudah cukup, dengan mempunyai keahlian ini maka bisa dikatakan sudah memiliki pekerjaan. Ibu Casinah beruntung karena masih merasakan bangku sekolah, sedangkan kebanyakan pengrajin pada umumnya tidak pernah mengenyam bangku sekolah.

Gerabah sendiri terbuat dari campuran tanah liat dan pasir. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit asalkan sabar dan hati-hati. Sebagai generasi muda kita harus mencontoh Ibu Casinah dan Wari yang terus mempertahankan kebudayaan. Yang beliau lakukan adalah salah satu hal kecil tapi bermanfaat bagi orang banyak. Kita harus memberikan apresiasi yang besar atas apa yang beliau lakukan. Salah satunya dengan tidak menutup mata pada kerajinan gerabah. Semoga jumlah pengrajin gerabah tidak terus berkurang dan semakin banyak orang yang tertarik menggunakan gerabah.

Source Sentra Kerajinan Gerabah Di Indramayu Sentra Kerajinan Gerabah Di Indramayu
Comments
Loading...