Sentra Kerajinan Gerabah Di Medan

0 607

Sentra Kerajinan Gerabah Di Medan

Sabariah Rangkuti tampak asyik memutar dan mengayunkan kuas ke sebongkah gerabah yang terbuat dari tanah liat besar berbentuk gentong yang baru setengah jadi di depan rumahnya. Ia tampak larut dalam pekerjaannya itu meski sang anak yang masih berusia sekitar lima tahun bermain dan berlari-larian di dekatnya.

Gerabah dalam bentuk guci, paso dan bangku terlihat dipajang, kendati tidak dipamerkan di dalam estalase namun gerabah-gerabah tersebut dapat menarik perhatian para pengendara yang hilir mudik melintasi jalur lintas Sumatera (Jalinsum) di Tanjung Morawa, Medan.

Sabariah Rangkuti dari art shop Karya Restu Keramik mengaku kebajiran pesanan gerabah. Pada saat menjelang lebaran Idul Fitri Sabariah sudah kehabisan gerabah untuk dijual, “kalau menjelang lebaran gini banyak pesanan. Sampai-sampai ada pesanan pembeli yang tidak bisa kami layani,” ungkapnya.

Menurutnya kebanyakan masyarakat Sumatera Utara sudah mengetahui bahwa di Tanjungmorawa merupakan pusat grosir pembuatan gerabah. Sehingga katanya pembeli jarang memesan dalam jumlah yang sedikit karena biasanya pembeli menjual kembali gerabah tersebut.

Source http://medan.tribunnews.com http://medan.tribunnews.com/2011/08/25/kerajinan-gerabah-pun-menggeliat-jelang-lebaran
Comments
Loading...