Sentra Kerajinan Gerabah Jombang

0 371

Sentral pembuatan gerabah yang berada di Desa Tondowulan Kecamatan Kabuh, Jombang masih memakai cara dan alat tradisional. Beberapa warga sejak pagi sudah terlihat sibuk di depan rumah untuk mengelolah beberapa jenis gerabah mulai dari cobek hingga gentong. Mayoritas para pembuat gerabah di desa tersebut adalah ibu-ibu rumah tangga.

Ngateni, salah satu warga yang menggeluti pekerjaan tersebut menuturkan bahwa usaha pembuatan gerabah itu sudah dikerjakan sejak ia masih kecil.

Untuk membuat gerabah jenis gentong memerlukan waktu sehari, sebab pembuatan gerabah tersebut dia kerjakan sendiri tanpa bantuan siapapun. Di lain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu dan bahan dasar yang mulai sulit didapat juga menjadi kendala tersendiri.

Sekarang Perajin Gerabah di Jombang mulai menurun dikarenakan para pemuda memilih untuk bekerja di Pabrik. Kondisi tersebut, bisa mengancam hilangnya budaya yang sudah terbangun sejak dulu. Sebab desa tersebut sudah dikenal sebagai pusat pembuatan gerabah di Kabupaten Jombang. Ngateni berharap dikemudian hari para pemuda dapat melestarikan keterampilan dalam pembuatan gerabah dari tanah liat ini. Sebab keterampilan itu juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Source Sentra Kerajinan Gerabah Jombang Sentra Kerajinan Gerabah Jombang
Comments
Loading...