Sentra Kerajinan Golok Di Serang

0 324

Sentra Kerajinan Golok Di Serang

Usaha kerajinan tradisional dari lempengan besi yang di jadikan golok atau biasa di sebut sebagai pengrajin golok yang berada di Desa Seuat, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten yang berjumlah 50 orang dan 15 orang panday besi.

Akan tetapi, pandai dan pengrajin itu kekurangan modal, setiap harinya pengrajin hanya mampu menghasilkan 3 hingga 5 bilah golok, sedangkan panday besi menghasilkan sedikitnya 40 bahan baku untuk membuat golok. Walau begitu, mereka tetap mempertahankan usaha karena sudah menjadi warisan turun-temurun keluarga.

Menurut Usup perajin Desa Seuat, panday besi dan pengrajin golok di desanya sudah sangat prihatin karena bantuan dari pemerintah tak kunjung tiba. Padahal mereka membutuhkan sekali untuk biaya produksi.

“Setiap pengrajin membutuhkan bantuan sedikitnya Rp. 50 juta untuk produksi lebih banyak, dengan sendirinya kebutuhan pasar lokal bisa terpenuhi” ujar Usup. Namun dari pangsa pasar tersebut, Bandar Lampung merupakan bidikan para pengrajin, karena pemesan terbanyak datang dari beberapa pasar yang ada di daerah tersebut.

“Pengiriman golok dari desa kami tidak terlalu banyak, setiap pengrajin hanya mampu 3 hingga 5 bilah golok yang di hasilkan setiap harinya, tetapi apabila pengrajin mendapatkan bantuan berupa suntikan dana dari pemerintah, saya yakin berapapun permintaan pasar pasti terpenuhi” katanya. Jika tidak ada langkah penyelamatan, lanjut Usup. sentra kerajinan golok di desa Seuat akan semakin terpuruk. “Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah, propinsi maupun pusat. Apabila tidak, produktifitas para pengrajin semakin sedikit dan memprihatinkan sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar” ucapnya penuh harap.

Source Sentra Kerajinan Golok Di Serang Sentra Kerajinan Golok Di Serang
Comments
Loading...