Sentra Kerajinan Hata Dari Pangandaran

0 540

Kerajinan Tanaman Hata

Hata merupakan tanaman merambat yang tergolong jenis paku-pakuan yang bisa dijumpai di Jawa Barat dan sejumlah daerah lain di Indonesia. Tanaman ini telah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tali pengikat. Namun munculnya berbagai tali sintesis perlahan mengubur popularitas tali hata. Namun begitu, di Pangandaran, kini hata muncul lagi kerajinan anyaman. Kerajinan ini berkembang di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi.

Menurut Ida, pengrajin yang juga mentor bagi warga lain, para pembuat kerajinan hata adalah warga, baik kaum bapak maupun ibu-ibu. “Pertama membuat awal tahun 2015, awalnya mengajak sekitar 20 orang tetangga atas arahan pihak Dinas Perindustrian” tutur Ida. Kemudian, menurut Ida, pemerintah setempat memberikan pelatihan bagi warga. Akhirnya, menurut Ida, mulai banyak warga yang tertarik dan hingga kini semakin terlatih mengkreasikan berbagai jenis kerajinan hata.

Bentuk-bentuk kerajinan hata Pangandaran yang sekarang ada merupakan hasil imajinasi para perajin sendiri. Kini kata Ida, kerajinan hata yang ditawarkan sudah mencakup beberapa jenis, yaitu perbot, produk fesyen, hiasan dan aksesori. Untuk masing-masing produk, menurut Ida, harganya berbeda karena tingkat kesulitan dan lama waktu pembuatan yang berbeda. Kerajinan paling mahal, menurut Ida adalah tas jinjing, yang ditawarkan dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Sementara produk lain, seperti gelang, ditawarkan mulai harga beberapa ribu rupiah.

Source Sentra Kerajinan Hata Dari Pangandaran Sentra Kerajinan Hata Dari Pangandaran
Comments
Loading...