Sentra Kerajinan Jaring Ikan Di Lamongan

0 514

Sentra Kerajinan Jaring Ikan Di Lamongan

Salah satu produk andalan yang dimiliki oleh Masyarakat Desa Pucangro, Kabupaten Lamongan adalah JaringSejak turun temurun masyarakat desa Pucangro mempunyai keahlian produksi jaring dan jala ikan sebagai penghasilan sampingan. Pembuatan jarring dan jala ini dikerjakan dirumah masing-masing dan dapat dikategorikan sebagai home industry. Pada saat musim hujan terlebih saat banjir permintaan akan jala dan jaring mengalami peningkatan sehingga pendapatan masyarakat juga bertambah.  

Masyarakat Desa Pucangro, salah satunya Suryati dari dahulu kala sudah terkenal sebagai sentra pembuatan jaring dan jala. Tahun 90an jaring dan jala yang dibuat asli buatan tangan sendiri. Masyarakat menganyam benang dengan tangan untuk di buat jala atau jarring, benang yang digunakan tentu saja benang khusus untuk jala/jarring bukan benang untuk baju. Namun sekarang ini pembuatan jarring sudah digantikan oleh mesin. Masyarakat Desa Pucangro membeli bahan baku setengah jadi dari toko dan pabrik untuk diproses menjadi jaring atau jala ikan.

Untuk bahan baku Jaring dari toko/pabrik dipotong-potong sesuai  jenis ukuran dan tipe sesuai kebutuhan pasar. kemudian diberi pemberat berupa gandik di bagian bawah dan diberi pelampung berupa bata kecil dibagian bawah.  Proses ini biasanya dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan di rumah. Untuk jala biasanya hanya diberi pemberat berupa besi/timah dibagian bawah.

Ada berbagai jaring dan Jala yang tersedia disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk menjaring ikan yang kecil seperti sepat, bethik dan lain lainmenggunakan jaring yang diameternya kecil, sedang untuk menjaring ikan yang besar seperti nila, Tombro mujaer dan sebagainya digunakan jaring dengan diameter besar. Biasanya ukuran yang digunakan untuk membeli atau memesan jaring adalah ukuran 1 nyari,  2 nyari, 3 nyari dan sebagainya. Ukuran tersebut sama dengan ukuran jari tangan. 1 nyari maksudnya jaring dengan diameter seukuran 1 jari tangan. Harganya disesuaikan dengan ukuran dan panjang pendeknya jaring.

Pemasaran jaring dan jala sangatlah mudah karena sudah ada pasar desa sebagai tempat pemasaran utama. Para pedagang jaring dan jala di Desa Pucangro  memasarkan barang dagangannya  setiap hari di lokasi pasar desa  dan menempati stand permanen yang berada di bagian depan lokasi pasar, persis di pinggir jalan raya. Untuk Jala, pengerjaannya lebih rumit lagi dan harganya lebih mahal daripada jaring. Karena menggunakan pemberat dari timah atau besi bukan dari gandik tanah seperti jaring. Benang yang digunakan juga sangat berbeda.

Pemasaran Jaring dan Jala juga sudah sampai ke luar kota seperti Tuban, Bojonegoro, Surabaya, Gresik dan kota-kota lainnya. Pembeli biasanya langsung datang ke para penjual jaring dan jala di Pasar Wage, namun tak sedikit juga produksi jala dan jaring dari Desa Pucangro yang dikirim ke luar kota-kota tersebut.

Source http://pucangrodesa.blogspot.co.id http://pucangrodesa.blogspot.co.id/2015/06/jaring-dan-jala-ikan.html
Comments
Loading...