Sentra Kerajinan Jimbe Di Sumedang

0 280

Alat Musik Jimbe

Jimbe adalah alat musik yang berasal dari Afrika Barat. Tidak afdol rasanya bila tak ada alat musik pukul ini dalam permainan perkusi. Bahkan, kini djembe sudah menjadi kerajinan tangan dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga Djembe bisa dimainkan oleh semua kalangan.

Salah satunya Jimbe yang diproduksi sentra pengrajin tangan Cipacing, Sumedang, Jawa Barat. Meski selama ini dikenal sebagai sentra industri rumahan yang memproduksi senjata rakitan, Cipacing juga memiliki pengrajin patung dan alat musik.

Bukan hanya dari Jawa Barat, pembeli djembe asal Cipacing juga berasal dari berbagai kota seperti Jakarta dan Sumatera. Bahkan, hasil produksinya sudah sampai ke luar negeri seperti Malaysia, Brunei, Korea dan Jepang.

Diman, sang pemilik usaha toko Warsen Diman alat musik dari kayu itu mengaku sudah membuka usahanya sejak 7 tahun lalu. Selain jimbe, Diman menjual berbagai alat musik seperti kendang, suling, rebab, calung, dan sebagainya.

Di warung seni Mang Diman ini jimbe dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jimbe ukuran kecil misalnya dibanderol Rp 60 ribu. Sedangkan jimbe dengan ukuran sedang dihargai Rp 225 ribu dan ukuran besar Rp 750 ribu.

“Yang saya tahu bahan kayunya didatangkan dari Jawa Timur, kulitnya dari Garut,” terangnya. Pembeli Jimbe di Warsen Mang Diman sendiri berasal dari berbagai kota. “Malah yang dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Amerika juga ada,” katanya.

Source Sentra Kerajinan Jimbe Di Sumedang Sentra Kerajinan Jimbe Di Sumedang
Comments
Loading...