Sentra Kerajinan Kain Tenun Songket Palembang

0 255

Kain Songket Sebuah kain mewah kebanggan Wong Kito Galo. Kain ini merupakan pencampuran antara bebrapa budaya, diantaranya India, Cina dan Arab. Kain ini sudah ada sejak Kesultanan Palembang dan menjadi pakaian kebanggaan. Kebanyakan dari masyarakat yang mendiami wilayah yang lebih dikenal dengan Suro ini merupakan keturunan dari pengrajin songket yang juga memiliki keahlian untuk membuat songket secara turun temurun.

Salah Seorang Pengrajin Songket adalah Umar Sahab. Kain songket, jumputan dan tajung yang dijual pedagang di Pasar Kito. Produk khas Palembang yang dijajakan pedagang di Pasar Kito tak kalah kualitasnya dengan yang dijual di toko-toko ternama ataupun butik. Sementara untuk harga, jauh lebih murah.

Menurut Umar, pedagang di Pasar Kito melayani pembelian dalam jumlah besar atau grosir. Namun, juga secara eceran. Selain, kain songket, jumputan, tajung. Terbaru ada juga kaos dan baju batik motif songket Palembang.

Lokasi Sentra Kain Tenun Songket

Lokasi dari sentra kerajinan tenun songket ini terletak di kelurahan 30 ilir, kecamatan ilir barat II Palembang. Sentra ini, tersebar sebagian di Jalan Ki Rangga Wirasentika dan sebagian besar berada di Jalan Ki Gede Ing Suro.

Teknik Pembuatan Kain Tenun Songket

  1. Manuriang, memintal benang untuk di tenun
  2. Mangumpa, menggulung benang ke tempat gulungan benang yang berfungsi sebagai benang untuk panjang kain
  3. Batanun, benang ditenun dengan menggunakan ATBM ( Alat Tenun Bukan Mesin ) yang di gerakkan dengan tenaga pengrajin, Dari sehelai benang menjadi kain

 

Comments
Loading...