Sentra Kerajinan Kebaya Di Klaten

0 144

Sentra Kerajinan Kebaya Di Klaten

Siapa sangka kebaya yang dijual di Tanah Abang, Jakarta, sebagian berasal dari sebuah desa kecil di Kabupaten Klaten. Warga Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Klaten ini sudah sejak lama berprofesi sebagai pembuat kebaya dan aksesorisnya. Tak hanya Jakarta, mereka mengirim kebaya ke sejumlah kota besar lainnya.

Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya menjadi kota yang rutin menjadi destinasi pengiriman kerajinan kebaya Kunden. Ada belasan produsen kebaya yang turun temurun memproduksi kebaya di sana. Mereka memproduksi baju pernikahan, baju pesta, baju adat, dan berbagai aksesorisnya.

Kerajinan kebaya di desa yang tak jauh dari Jalan Jogja-Solo itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sri Hadi, tokoh masyarakat setempat menuturkan lahirnya sentra kebaya Desa Kunden tak bisa dipisahkan dari sosok bernama Suparman.

Suparman merupakan pengusaha aksesoris baju manten pertama di Kunden. Pria yang sebelumnya berprofesi sebagai tukang kebun itu menjual sabuk manten di Pasar Klewer, Solo, sekitar tahun 1970-an. Usahanya berkembang, hingga ia pun memproduksi satu set lengkap baju kebaya.

Waktu berselang para tetangga pun melirik kesuksesan Suparman. “Kesuksesan Suparman membawa dampak baik bagi warga Desa Kunden. Para tetangga turut membuat manik-manik dan aksesorisnya dan menjadikan Kunden sebagai sentra manik-manik dan kebaya,” ungkap Hadi

Seorang karyawan tengah mengoperasikan mesin jahit untuk menjahit kebaya. Para produsen besar selalu membuat produk jadi, maka tak jarang dari mereka memiliki puluhan mesin jahit di rumah produksi mereka.

Dari belasan perajin kebaya, menurut Hadi ada empat produsen yang terbilang besar. Keempatnya memproduksi kebaya jadi. Warga secara kolektif memasok aksesoris dan kebutuhan bahan lain untuk keempatnya. Para karyawan pun sebagian besar para tetangga yang mewarisi keahlian membuat kebaya dari generasi sebelumnya.

Salah satu perajin, Joko Sasongko, bahkan mencatatkan namanya sebagai desainer nasional. Baju kebaya rancangannya sempat dipakai sejumlah artis dan diikutsertakan berbagai fashion show. Kini pewaris usaha milik Suparman tersebut mendirikan sendiri butik kebayanya yang tak jauh dari Desa Kunden.

Source https://bisnisukm.com https://bisnisukm.com/usaha-kebaya-klaten-jajaki-pasar-sejumlah-kota-besar.html
Comments
Loading...