Sentra Kerajinan Keramik Di Plered

0 257

Plered memang sudah lama dikenal sebagai sentranya kerajinan keramik. Konon pembuatan keramik di areal ini sudah berlangsung turun temurun dan diperkirakan telah terjadi sejak tahun 1904. Awalnya, masyarakat setempat hanya membuat keramik dari tanah liat merah yang dipergunakan hanya untuk keperluan sehari-harinya saja. Namun dalam perkembangannya, kerajinan di Plered ini semakin berkembang dan sampai dijadikan sebagai pijakan utama pendapatan masyarakat setempat.

Di Anjun terdapat ratusan perajin yang memproduksi bermacam kerajinan keramik. Beberapa di antaranya adalah vas bunga, guci, meja, kursi, tempat payung, dan masih banyak lagi. Semua kerajinan itu terbuat dari tanah liat yang diberi berbagai motif seperti bunga. Umumnya, proses produksi dilakukan di rumah masing-masing perajin.

Keramik yang baru selesai dibuat itu masih belum dicat. Alhasil, warna aslinya yang terbuat dari tanah liat terlihat terang menyala. Ade Sudrajat, salah seorang perajin keramik, mengatakan, proses pembuatan keramik di desanya telah ada sejak nenek moyangnya. Sampai sekarang kerajinan itu masih berjalan secara turun temurun.

Ade sendiri sudah melakoni usaha ini sejak 15 tahun lalu. Dengan dibantu lima karyawan, ia bisa memproduksi sebanyak 100 hingga 150 keramik sehari.

Lokasi Sentra Kerajinan Keramik

Sentra penjualan keramik ini berada di Desa Anjun, Plered, Kota Purwakarta, Jawa BaratIndonesia. Jaraknya sekitar 13 km dari pusat Kota Purwakarta.

Source Sentra Kerajinan Keramik Di Plered SENTRA KERAJINAN KERAMIK PLERED, PURWAKARTA
Comments
Loading...