Kerajinan Keramik Dinoyo, Malang

0 471

Indonesia memiliki bahan baku tanah liat melimpah. Setiap daerah pun memiliki karakter khas. Di daerah inilah kita akan dapat menikmati keindahan bentuk Kerajinan Keramik, mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar pun kita bisa dapatkan di sini, tentunya dengan harga yang berfariasi.

Pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen hingga namanya terus dikenal hingga kini. Syamsul adalah pelopor yang menekuni kerajinan keramik sejak 1995. Sebelumnya, ia bekerja di sebuah pabrik keramik. Setelah memiliki cukup pengetahuan dan modal, Syamsul membangun usaha keramik. Kini, rata-rata pendapatannya setiap bulan mencapai Rp 5 juta. Mempekerjakan sebanyak 10 orang.

Karakter khas keramik cendera mata terletak pada warna dan desain natural. Bentuk dan fungsinya pun bervariasi, seperti vas bunga, tempat garam dan merica, tempat kartu nama, aneka suvenir, wadah aromaterapi, tempat lilin, dan lainnya.

Lokasi Sentra Kerajinan Keramik

Dinoyo adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Kelurahan ini di perkirakan pusat dari kerajaan Kanjuruhan, dimana salah satu raja terkenalnya bernama Gajayana. Pusat usaha keramik dinoyo terletak di RW 03, atau sepanjang jl. MT Haryono Gang 9-11.

Comments
Loading...