Sentra Kerajinan Kerang Di Banyuwangi

0 298

Sentra Kerajinan Kerang Di Banyuwangi

Salah satu daya tarik tanaman hias justru bukan saja terletak pada jenis bunganya, tetapi ada pendukung lain yang tidak kalah pentingnya, yakni pot bunganya. Tanaman yang biasa-biasa saja akan terlihat mewah jika ditaruh dalam pot yang megah. Sebaliknya, bunga hias yang mahal pun akan menjadi bunga biasa-biasa saja jika pot tempatnya tumbuh hanya sebuah kaleng bekas.

Para penjual dan pengrajin pot bunga pun, rupanya juga sangat jeli dalam melihat adanya peluang bisnis dibalik keindahan tanaman hias. Tamrin Lahati, salah satu penjual sekaligus pembuat pot bunga di kawasan Mogolaing mengatakan, tidak sedikit warga yang belum memahami pentingnya arti pot bunga bagi keindahan bunga itu sendiri.

“Sayang kan, kalau bunganya sudah mahal, tapi karena potnya kurang bagus, orang litany menjadi biasa saja. Jadi kalau boleh, pot bunganya harus disesuaikan dengan jenis bunganya,” ujarnya berargumen.

Yang berkunjung ke tempat usahanya menadapati berbagai model pot bunga dengan berbagai ukuran nampak terpajang di rumahnya. Pot yang kecil hingga yang besar dengan tinggi setengah badan orang dewasa pun bisa kita lihat disana dengan harga jual bervariasi.

“Harganya macam-macam disini. Kalau yang kecil tiga ratusan, yang paling besar tujuh ratusan ribu,” terang Rini, sang isteri yang menjaga rumahnya kemarin.

Semua pot yang terpajang ini dikerjakan sendiri oleh Tamrin. Jika saat ramai, pot miliknya itu bisa terjual cukup banyak.

“Rata-rata dalam sehari ada saja satu-dua pot yang laku. Lumayan lah, masih bisa dapat dua ratus sampai tiga ratus ribu per hari,” ujar pengrajin di Istana Pot ini.

Terpisah, Abah Mahmud, pengrajin pot di Lobong Bolmong juga berpendapat yang sama. Menurutnya, tidak semua pot cocok untuk bunga hias. Pria paruh baya yang juga sempat membuka usaha pembuatan potnya di Matali ini juga membuat sendiri pot-pot yang ia pasarkan. Pot model bundar hingga persegi panjang dari berbagai ukuran biasa ia kerjakan. Dalam sehari ia bisa menyelesaikan dua hingga tiga buah pot, bergantung ukuran dibantu anaknya. Dari sini Aba, panggilan akrabnya, bisa meraup keuntungan rata-rata Rp100-200 ribu per hari.

Source https://radarbolmongonline.com https://radarbolmongonline.com/2016/02/penjual-pot-bunga-bisa-untung-rp100-200-ribu-per-hari/
Comments
Loading...