Sentra Kerajinan Keris Di Klungkung, Bali

0 309

Sentra Kerajinan Keris Di Klungkung, Bali

Jero Mangku Pande merupakan satu-satunya perajin keris yang tersisa saat ini di Banjar Pande, Desa Kusamba, Klungkung, Bali. Ia mengisahkan, sebelum dikuasai oleh Belanda, mayoritas masyarakat Banjar Pande, Kusamba, merupakan pande besi atau pembuat kerajinan dari besi mulai dari senjata tajan seperti keris dan tombak hingga alat-alat pertanian.

“Dari tahun 1450 M, secara turun menurun pembuatan senjata seperti keris dan tombak di Klungkung berpusat di masyrakat Banjar Pande, Kusamba. Dahulu setidaknya ada 200 KK yang terdiri dari 60 prapen,” ungkapnya.

Kemudian Di tahun 1970an hingga 1998, sempat mayoritas Banjar Pande jadi pengrajin emas, tapi karena anjloknya perekonomian Indonesia di penghujung orde baru, semua pengrajin emas di sini bangkrut,” keluhnya. Merasa terpanggil untuk kembali mewarisi budaya leluhur. Kakek dari Jero Mangku Pande, Ketut Mudra pun kembali menghidupkan prapen dan menggeluti usaha pembuatan keris yang telah dilakoni secara turun menurun sejak tahun tahun 1987.

Hingga saat ini yang diwariskan langsung kepada Jero Mangku Pande Ketut Mudra. Saat ini dialah satu-satunya pengrajin keris yang tersisa dari Banjar Pande, Kusamba

Source Sentra Kerajinan Keris Di Klungkung, Bali Sentra Kerajinan Keris Di Klungkung, Bali
Comments
Loading...