Sentra Kerajinan Knalpot di Purbalingga

0 177

Sentra Kerajinan Knalpot di Purbalingga

Berbicara mengenai pengrajin knalpot, Indonesia memiliki daerah Purbalingga yang dikenal masyarakatnya mayoritas sebagai pengrajin handal soal peredam gas buang kendaraan bermotor. Bahkan sejumlah produk knalpot sudah berhasil menembus pasar internasional. Namun terlepas dari perkembangan dan kesuksesannya, ternyata kerajinan knalpot di Purbalingga berawal dari seorang pengrajin alat dapur. Seperti yang dipaparkan Kesuksesan warga Purbalingga menggeluti usaha knalpot tak lepas dari jasa seorang yang bernama Sultoni. Dia adalah perintis usaha knalpot.

Sebelum membuat knalpot, Sultoni adalah pembuat ‘dandang’ alat dapur untuk menanak nasi yang berbahan dasar kuningan. Namun sayang, usahanya tak memungkinkan berlanjut. Pada masa bangkrut itu, Sultoni ditantang oleh salah seorang rekannya untuk mencoba membuat knalpot. Merasa tidak memiliki kemampuan, Sultoni tidak lantas menolak. Dia justru merasa tertantang dengan tawaran tersebut dan menyanggupinya. Sukses dengan tawaran pertama pembuatan knalpot yang datang pada tahun 1977 itu, usaha kerajinan ini terus berkembang, bahkan produk milik Sultoni sampai dititipkan di toko onderdil ibu kota.

Source https://www.otosia.com https://www.otosia.com/berita/perintis-knalpot-purbalingga-ternyata-pengrajin-alat-dapur.html
Comments
Loading...