Pusat Kerajinan Kulit Di Malang

0 915

Sentra Kerajinan Kulit

Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Desa tersebut merupakan salah satu tempat tujuan wisata karena terkenal dengan sentra kerajinan kulitnya seperti sepatu, sandal, tas, dompet dan jaket yang terbuat dari kulit hewan. Di desa Dilem terdapat tiga galery yang memproduksi dan menjual hasil dari kerajinan kulit yaitu galery Lufas, Helos dan Trios collection dimana pemilik dari ketiga galery tersebut masih memiliki hubungan saudara.
Andik yang merupakan pemilik galery Trios Collection menjelaskan bahwa usaha kerajinan kulit miliknya ini merupakan usaha turun temurun dari ayahnya yaitu Masrukin. Usahanya ini sudah berjalan sejak kurang lebih 20 tahun yang lalu. Setelah Masrukin meninggal, usaha kerajinan kulit ini kemudia dia lanjutkan bersama sang Ibu.
Andi menjelaskan bahwa dengan dibantu 17 orang karyawan yang berasal dari warga sekitar, dia dan Ibunya berusaha tetap menjalankan kerajinan kulitnya sampai sekarang. Produk yang dia jual berupa sepatu, sandal, tas, dompet, ikat pingang dan jaket yang terbuat dari kulit hewan.
Setiap hari dirinya dapat memproduksi jaket, tas maupun dompet dengan model-model yang baru dan unik. Untuk membuat satu buah jaket membutuhkan waktu 3 hari, sedangkan untuk membuat 10 lusin tas dibutukan waktu 2 minggu. Bahan yang digunakan untuk membuat tas dan dompet berasal dari kulit sapi, sedangkan untuk jaket dia menggunakan kulit domba sebagai bahannya.
Produk hasil kerajinannya selain dipasarkan di Malang, juga sudah dipasarkan di Jakarta, Tulungagung, Surabaya bahkan beberapa daerah di Luar Jawa. Selain itu, dia juga menggunakan media online untuk memasarkan produknya. Harganya sendiri bermacam-macam tergantung model dan tingkat kesulitannya. Untuk dompet kulit dia mematok harga Rp. 70.000 – 140.000, untuk tas kulit berkisar Rp. 300.000 – 600.000, sedangkan untuk Jaket kulit dipatok dengan harga Rp. 900.000 – 1.050.000 per item. Namun Andik menjelaskan, jika pembelian dalam jumlah banyak diatas 2 lusin maka harga yang diterapkan adalah harga grosir, ujarnya.
Source Pusat Kerajinan Kulit Di Malang Pusat Kerajinan Kulit Di Malang
Comments
Loading...