Sentra Kerajinan Kuningan Bondowoso

0 230

Kerajinan Kuningan

Kota Bondowoso untuk mampir melihat sentra pengrajin kuningan yang terletak di desa Cindogo dan desa Jurang Sapi, Kecamatan Tapen, Bondowoso, Jawa Tengah. Letak sentra pengrajin kuningan ini berada di jalan utama Situbondo-Bondowoso, jadi sangat mudah untuk ditemukan. Konon sentra pengrajin kuningan ini pernah merasakan masa-masa kejayaannya sebelum tahun 1998 dengan pasaran hingga mencapai mancanegara dan selalu kebanjiran pesanan. Sekarang tersisa beberapa saja yang mesih bertahan.

Menurut cerita salah satu pemilik showroom kerajinan kuningan yaitu Abdul Muhni, kerajinan ini sudah ada dan dikenal sejak zaman penjajahan Belanda, tapi tidak tahu persisnya sejak kapan. Mayoritas warga di dua desa ini telah menjadikan kuningan sebagai mata pencarian sejak dulu dan saya sendiri telah menekuninya sejak tahun 1976.

Proses Pembuatan Kerajinan Kuningan

Proses pembuatan kerajinan kuningan ini dari awal hingga jadi tidaklah mudah, yang pertama adalah membuat cetakan atau mal sesuai bentuk yang diinginkan. Cetakan atau mal itu dibuat dari tanah liat atau kayu, setelah sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan, cetakan atau mal tadi diduplikasi dalam bentuk malam, untuk membentuk tiga demensi. Kemudian malam dilapisi tanah liat dan pastikan jangan sampai bocor, hanya bagian atas saja yang diberi lubang untuk memasukan cairan kuningan. Proses kedua adalah menuangkan dengan hati-hati, kuningan cor panas yang baru diambil dari tungku perapian. Setelah agak dingin kira-kira satu jam kemudian, cetakan yang terbuat dari tanah tersebut pelan-pelan dipecah hingga tinggal kuningan yang sudah berbentuk. Proses ketiga atau terakhir adalah menggosok dan mengukir bentuk kuningan tadi baru kemudian dihias dengan cat sesuai dengan bentuknya.

Bentuk kerajinan kuningan disini ada bermacam-macam, seperti bentuk hewan (naga, kuda, burung, angsa, gajah dll ), bentuk vas ( pot bunga,guci ) dan bentuk hiasan seperti tempat lilin, sendok ukir, tempat kue dan cetakan kue. Harganya juga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan ukurannya, ada yang puluhan ribu hingga jutaan.

Source Sentra Kerajinan Kuningan Bondowoso Sentra Kerajinan Kuningan Bondowoso Sentra Kerajinan Kuningan Bondowoso
Comments
Loading...